5 Tips Bersaing di Industri FMCG yang Senantiasa Bergerak Dinamis

Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) memang selalu bergerak dinamis. Ada saja produk-produk baru yang bermunculan dan meraih perhatian masyarakat. Produk-produk FMCG berupa makanan, perlengkapan kebersihan tubuh, dan lainnya adalah kebutuhan utama semua orang. Tak mengherankan bila bersaing di industri FMCG membutuhkan kreativitas dan inovasi secara berkesinambungan.

Lantas, bagaimana cara bersaing di industri FMCG yang sehat dan konsisten? Mari simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Menentukan Target Berbeda untuk Setiap Kalangan Pelanggan

Industri FMCG tidak bisa menggunakan strategi yang sama untuk setiap kalangan pelanggan. Misalnya, produk A yang memiliki target kalangan anak-anak lebih cocok menggunakan strategi berupa hadiah produk berupa mainan. Sehingga anak-anak tertarik untuk membeli produk tersebut. Demikian pula dengan produk-produk lainnya yang menyasar kalangan generasi milenial atau orang tua muda.

Anda harus menentukan strategi yang tepat ketika bersaing di industri FMCG. Niscaya produk Anda akan dilirik oleh target pasar dan berhasil mengungguli kompetisi pasar yang ketat.

Menyuguhkan Produk yang Praktis

Rutinitas masyarakat modern yang ekstra padat jelas mempengaruhi produk yang dihasilkan industri FMCG. Supaya bisa bersaing di industri FMCG tanpa tertinggal jauh, Anda tentu mesti menyuguhkan produk yang praktis bagi pelanggan.

Pasalnya, pelanggan yang sibuk membutuhkan sisi kepraktisan dari produk yang akan digunakan. Contohnya, produk makanan siap santap yang mengandung gizi seimbang. Inovasi sederhana ini akan membuat pelanggan selalu merasa membutuhkan produk Anda.

Mengusung Inovasi Khas Indonesia

Tak dapat dipungkiri bahwa inovasi khas Indonesia juga turut mempengaruhi persaingan FMCG. Banyak FMCG yang menghadirkan produk makanan dengan cita rasa khas hidangan daerah atau menggunakan bahan-bahan dengan kearifan lokal untuk memperkaya produknya. Hal sederhana ini juga turut berpengaruh terhadap keputusan masyarakat saat memilih produk. Bagi Anda, bersaing di industri FMCG tak akan sulit lagi bila sudah memahami selahnya.

Baca Juga: BluePay: Menyapa Konsumen Indonesia lewat Vending Machine

Menonjolkan Aspek Nostalgia

Saat tim FMCG sedang kehabisan ide inovasi, tak ada salahnya menonjolkan aspek nostalgia. Karena mayoritas pelanggan pasti memiliki rasa rindu terhadap produk yang pernah mereka gunakan beberapa puluh tahun lalu, terutama produk makanan dengan rasa istimewa.

Sisi nostalgia inilah yang membuat produksi ulang produk-produk tertentu menghasilkan euforia tertentu di kalangan pelanggan. Terutama bila kualitas produknya masih sama persis dengan produk yang dinikmati di masa lalu.

Memaksimalkan Dunia Digital

Para pelaku industri FMCG juga tak boleh mengabaikan peran dunia digital. Bersaing di industri FMCG berarti harus siap menerapkan berbagai strategi digital modern. Jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi maupun membangun komunikasi dengan para pelanggan. Kedekatan antara brand dan pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mengelola industri FMCG.

Jadi, Anda memang tak perlu khawatir dengan persaingan industri FMCG yang super ketat. Bersaing di industri FMCG akan memacu Anda untuk lebih kreatif dan proaktif supaya tak ketinggalan dari kompetitor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here