Tips Bersepeda Saat New Normal, Nge-tren Tapi Tetap Sehat

Sejak pertengahan tahun 2020, tren olahraga bersepeda memang populer di tanah air. Tren tersebut berawal dari pernyataan World Health Organization (WHO) bahwa bersepeda adalah salah satu olahraga yang dapat membantu mencegah risiko penularan COVID-19. Meskipun olahraga memang penting untuk kesehatan, kamu tetap harus ekstra cermat jika ingin bersepeda saat new normal.

Jangan jadikan aktivitas bersepeda saat new normal sebagai ajang pamer atau kebutuhan instastory semata. Fokuslah berolahraga secara teratur dengan memperhatikan hal-hal penting ini:

Bersepeda dalam Kondisi Sehat

Sebelum bersepeda saat new normal, pastikan kalau kondisi fisikmu benar-benar sehat. Jangan sampai kamu rentan terkontaminasi penyakit menular karena daya tahan tubuh sedang menurun atau malah menularkan penyakit pada orang lain.

Selain itu, bersepeda dalam kondisi kurang fit juga berisiko serius bagi kesehatan. Ada beberapa kasus pesepeda meninggal dunia karena kondisi jantung yang tidak sehat saat memaksakan bersepeda untuk menempuh jarak jauh.

Baca Juga: Harga Sepeda Meroket, Berminat Merakit Sepeda Sendiri?

Membawa Masker Sesuai Standar Kesehatan

Sebenarnya kamu tidak harus menggunakan masker jika bersepeda saat new normal pada kondisi jalanan sepi. Masker yang terlalu tebal dapat membatasi suplai oksigen yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, sebaiknya kamutetap membawa masker yang sesuai dengan standar kesehatan, misalnya masker media atau masker kain. Ketika sedang berhenti bersepeda atau berinteraksi dengan orang lain, jangan lupa menggunakan masker tersebut.

Tetap Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Tak masalah jika kamu bersepeda saat new normal bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, atau anggota komunitas. Namun, jangan lupa menjaga jarak dengan orang lain saat berada di luar rumah.

Kamu juga patut menghindari kerumunan karena kondisi tersebut rentan memicu penyebaran penyakit menular. Cobalah mencari alternatif rute yang lebih sepi, nyaman, dan tetap aman.

Menyiapkan Beberapa Perlengkapan Pribadi

Kamu juga harus membawa beberapa perlengkapan pribadi jika ingin bersepeda saat new normal. Jangan lupa membawa air minum, hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering.

Alangkah lebih baik jika kamu menahan keinginan jajan, terutama bila ingin membeli makanan atau minuman di tempat yang kebersihannya kurang terjamin.

Membersihkan Diri setelah Bersepeda

Sepulang dari kegiatan bersepeda, jangan lupa membersihkan diri dan seluruh barang bawaan. Bersihkan seluruh permukaan sepeda dengan cairan disinfektan. Jangan lupa pula untuk mengganti pakaian dan mandi sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah. Cara sederhana ini efektif membuat tubuh selalu higienis dan terhindar dari penularan penyakit.

Sudah siap bersepeda saat new normal dengan cara yang benar?

Kamu tak harus punya sepeda mahal kok untuk memiliki fisik yang bugar dan bersemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here