Makanan Beku, Alternatif Bisnis di Masa Pandemi Corona

Pandemi Corona menyebabkan banyak karyawan terpaksa dirumahkan. Hal ini tentu memengaruhi penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Buat yang ikut terkena dampak pandemi dan ingin berbisnis, kamu bisa mencoba memulai bisnis frozen food atau makanan beku.

Memulai bisnis makanan beku cukup mudah untuk dilakukan. Karena kamu tidak perlu menyediakan lokasi berjualan. Kamu cukup memulai bisnis ini dari di rumah. Hal ini tentu menguntungkan. Selain itu, seperti yang diketahui, adanya protokol kesehatan membuat pelanggan enggan untuk datang makan di tempat.

Selain itu, kamu tidak perlu merekrut banyak tenaga kerja. Karena, makanan yang ditawarkan tidak perlu diolah hingga menjadi makanan siap santap. Dengan begini kamu menghemat waktu dan biaya.

Selain beberapa hal di atas, masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapatkan dari berbisnis makanan beku.

Kelebihan Berbisnis Makanan Beku

Makanan beku ditawarkan karena praktis untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Konsumen tinggal memasaknya sebelum menyantap. Cara memasaknya juga sederhana. Karena produsen umumnya sudah mengolah makanan dalam bentuk setengah jadi.

Jika belum habis, konsumen bisa kembali menyimpannya di dalam lemari es untuk disantap di lain hari. Kepraktisannya ini membuat konsumen mudah memilih makanan beku dibandingkan makanan jadi.

Makanan beku juga terjamin kebersihannya. Karena, umumnya produsen mengemas makanan dalam kemasan khusus sehingga terhindar dari bakteri ataupun kuman. Perlakuan seperti ini membuat makanan menjadi tahan lama.

Meski demikian, kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga hingga menjelang akan disantap. Seperti diketahui, di masa pandemi ini, makanan yang terjamin kebersihannya, semakin banyak dicari.

Ada banyak ragam makanan yang bisa dibekukan. Dari mulai lauk untuk makan besar, camilan, hingga sayuran dan buah-buahan. Banyaknya pilihan menu makanan ini membuat siapa saja mudah untuk memulai bisnis makanan beku.

Baca Juga: Cloud Kitchen: Konsep Bisnis Kuliner yang Makin Cemerlang Saat Pandemi

Perhatikan Ini Jika Ingin Memulai Bisnis

Seperti juga jenis bisnis lainnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai berbisnis makanan beku. Salah satunya, keunikan produk. Banyaknya pilihan menu makanan memang membawa keuntungan. Tapi, jika produk yang kamu tawarkan sama dengan pesaing, akan membuat persaingan menjadi ketat. Akibatnya bisnismu sulit untuk berkembang. Agar memiliki keunikan, kamu tentunya harus melakukan riset.

Jika produkmu belum memiliki keunikan, kamu bisa mencoba untuk memilih produk dengan tingkat persaingan yang rendah. Selanjutnya kamu bisa bersaing dalam hal lain. Semisal, mutu, pilihan rasa, kemasan dan harga.

Selain unik, pastikan kamu memiliki target pasar yang jelas. Apakah kamu akan menawarkan produkmu untuk keluarga, anak muda atau anak-anak? Adanya target pasar yang jelas akan memudahkanmu dalam menawarkan dan memasarkan produk.

Terakhir, kamu harus mengetahui cara memasarkan dan mendistribusikan produk. Seperti yang diketahui, makanan beku membutuhkan perlakuan yang sedikit berbeda dengan makanan jenis lain. Kamu harus bisa memastikan suhu udara tetap terjaga. Dari mulai barang dikemas hingga sampai ke tangan pelanggan.

Nah, kalau kamu mempertimbangkan untuk memulai bisnis frozen food atau makanan beku, beberapa hal diatas bisa diterapkan. Selain menghasilkan pendapatan tambahan, bisnis ini juga bisa dijadikan bisnis utama lho. Asal kamu bisa mengelolanya dengan baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here