Nggak Punya Orang Dalam? Lakukan Ini agar Cepat Diterima Bekerja

Sudah bukan rahasia lagi, keberadaan orang dalam bisa menentukan keberhasilan karier seseorang. Termasuk dalam mendapatkan pekerjaan Tapi, kalau tidak punya orang dalam, apa harus dilakukan agar cepat diterima bekerja?

Dalam melakukan rekrutmen, perusahaan bisa melakukannya dengan dua cara. Yaitu, external recruitment dan internal recruitment. External recruitment adalah perekrutan karyawan baru dari luar perusahaan. Sedangkan internal recruitment merupakan perekrutan karyawan dari dalam perusahaan.

Salah satu bentuk internal recruitment adalah employee referral. Employee referral ini sering dikenal dengan istilah ‘orang dalam’.

Meski sering dikaitkan dengan praktek nepotisme, banyak pakar HRD beranggapan menggunakan jasa orang dalam boleh-boleh saja dilakukan. Selama hal itu dilakukan dengan tidak melanggar moral dan etika.

Tapi, bagaimana kalau kandidat karyawan tidak punya orang dalam?

Siapa Saja Bisa Jadi Orang Dalam

Saat ini kamu mungkin merasa tidak memiliki orang dalam yang bisa memberikan referensi kerja. Tapi, hal itu mungkin terjadi karena kamu belum menemukannya.

Sebenarnya siapa saja bisa memberikan referensi atau rekomendasi kerja. Asal kamu mau mencarinya. Berikut ini beberapa orang yang bisa memberikan rekomendasi kerja agar kamu cepat diterima bekerja.

Keluarga

Kamu mungkin punya sepupu yang sudah bekerja di salah satu perusahaan. Mungkin saja dari mereka kamu bisa mendapatkan rekomendasi. Demikian juga kerabat dekat lainnya.

Alumni

Kamu pasti pernah bersekolah bersekolah di SMP, SMA atau perguruan tinggi. Salah satu temanmu di lingkup sekolah dulu juga bisa memberikan rekomendasi kerja.

Dosen

Kalau dulu saat kuliah kamu pernah dekat dengan salah satu dosen, tidak ada salahnya menanyakan kesempatan kerja.

Kenalan Pribadi

Mungkin kamu pernah berbisnis atau membantu teman dalam menjalankan bisnisnya. Cobalah cari tahu apakah kenalan atau kolegamu bisa memberikan rekomendasi kerja. Mereka bisa saja pelanggan, vendor atau bahkan kompetitor.

Baca Juga: Apa Saja yang Dilakukan Perusahaan saat Pengecekan Referensi Kerja?

Tidak Ada yang Bisa Memberikan Rekomendasi? Lakukan Ini

Jika benar-benar tidak mengenal seseorang yang bisa memberikan rekomendasi kerja, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar cepat diterima bekerja. Salah satunya dengan memperluas network. Kamu bisa membangun network dengan berorganisasi, berbisnis atau bergabung dengan komunitas tertentu.

Dengan memperluas network kamu bisa mengenal banyak relasi. Jika sudah memilikinya, binalah hubungan baik dengannya. Agar, relasimu bisa menjadi koneksi. Kalau sudah punya koneksi, kamu akan mudah mendapatkan referensi atau rekomendasi kerja.

Sembari membangun koneksi, teruslah mengembangkan kemampuan dan memeerbaiki CV. Sehingga kamu mudah diundang menghadiri wawancara kerja.

Jika sudah memiliki orang dalam, tidak ada salahnya meminta rekomendasi darinya. Sehingga kamu mudah dan cepat diterima bekerja. Referensi dan rekomendasinya juga mungkin dibutuhkan saat kamu meniti karier nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here