Cara Efektif Melakukan Detoks Media Sosial, Cobain Deh!

Detoks media sosial sangat perlu dilakukan bagi orang yang sudah terlalu kecanduan media sosial. Apalagi di masa sekarang banyak sekali hal-hal menarik dibagikan di media sosial. Wajar rasanya jika sangat jarang orang bisa lepas dari media sosial.

Masalahnya, media sosial juga bisa berdampak sangat buruk karena tanpa sadar menimbulkan kecemburuan sosial. Terlalu banyak melihat kehidupan orang lain sering kali membuat kita minder. Lakukan detoks media sosial berikut ini jika gejala-gejala buruk mulai kamu rasakan.

Tidak Menyentuh Handphone Saat Bangun Tidur

Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Kebanyakan orang pasti akan langsung mencari handphone dan membuka media sosial. Tanpa disadari, kebiasaan inilah yang menjadi awal alias pemicu seseorang kecanduan media sosial.

Jauhkan handphone dari tempat tidur agar kamu bisa melakukan hal lain saat bagun pagi. Sibukkan dirimu setelah bangun, mulai dari membereskan kamar, mandi, hingga sarapan. Perubahan kecil ini menjadi kunci penting dari detoks media sosial loh.

Mematikan Notifikasi Media Sosial Saat Bekerja

Andai media sosial sering menjadi distraksi besar saat bekerja, maka matikanlah notifikasinya. Aktifkan notifikasi yang berhubungan dengan pekerjaan, misalnya WhatsApp dan email. Dengan begitu, kamu menjadi lebih fokus bekerja daripada main handphone.

Berlama-lama dengan media sosial memang tanpa sadar memakan waktu. Bayangkan, berapa banyak waktu bisa kamu gunakan untuk bekerja daripada sekadar bermedia sosial?

Unfollow atau Hide Akun Tertentu

Tentu ada beberapa akun media sosial yang bisa memicu banyak emosi saat kamu melihat kontennya. Entah itu emosi marah, sedih, atau pun dengki berlebihan. Memutuskan untuk unfollow akun tertentu sangat membantumu dalam proses detoks media sosial.

Kamu tidak perlu lagi melihat konten yang sering mengaduk-aduk emosimu. Dampak buruk dari media sosial pun bisa berkurang.

Baca Juga: Inilah Manfaat Positif Break dari Media Sosial, Coba Yuk

Batasi Penggunaan Media Sosial

Cara paling mudah untuk sedikit lepas dari media sosial adalah membuat komitmen pada diri sendiri. Buat jadwal tersendiri yang memperbolehkanmu bermain media sosial. Kamu dilarang membuka media sosial di luar jam yang sudah kamu tetapkan sendiri.

Bagaimana pun juga, membatasi diri dari media sosial harus berawal dari diri sendiri. Tanpa niat yang kuat, kamu hanya makin sering terjebak kecanduan media sosial.

Lakukan Aktivitas Lain Saat Terlalu Senggang

Lalu, bagaimana jika waktu senggangmu cukup banyak? Bukankah kesempatan untuk bermain media sosial makin besar? Justru di waktu senggang inilah momen terbaik untuk kamu detoks media sosial.

Cari aktivitas lain untuk mengisi waktu luang. Sibukkan dirimu agar tidak hanya fokus ke handphone saja. Banyak bisa dilakukan kok, mulai dari membaca, memasak, membereskan rumah, hingga menonton film.

Jadi, sudah siap menerapkan detoks media sosial? Tidak perlu terlalu ekstrim menjauhi media sosial. Kamu hanya cukup membatasi penggunaannya agar tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here