5 Tips Mudah untuk Mencapai Keseimbangan Diet Sehat

tips diet sehat
Sumber : fitwirr

Menurut beberapa orang, sulit rasanya untuk bisa menyantap makanan seimbang dan tentunya menyehatkan. Hal ini karena mereka setidaknya harus mengetahui nutrisi yang terkandung di dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Namun, sebenarnya mempertahankan diet seimbang tidak harus sulit. Caranya dengan menerapkan langkah-langkah kecil dalam perencanaan menu makan sehari-hari dan mengikuti tips mudah menyeimbangkan diet sehat, bahkan di tengah jadwal sibuk Anda.

5 Tips Diet Sehat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Masak makanan sendiri

Sumber : Mom Central

Dengan menyiapkan lebih banyak makanan di rumah, Anda dapat melacak dan memiliki kendali penuh atas bahan masakan yang digunakan. Alhasil, makanan buatan rumah yang dibuat dengan bahan-bahan utuh selalu jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makanan yang Anda dapatkan dari restoran. Cara ini pada akhirnya membantu mengurangi pemborosan makanan karena Anda menggunakan bahan-bahan dan porsi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ini 5 Tren Diet 2019 yang Bisa Kamu Coba Demi Healthy Goals-mu

Awasi porsi makanan

makan dengan porsi kecil

Penting bagi Anda untuk mengawasi porsi makan, bahkan bila Anda menyantap makanan sehat. Memiliki porsi makan yang salah, meskipun sehat, dapat menyebabkan diet tak seimbang. Kontrol porsi saat ngemil atau makan di luar rumah. Saat di restoran, ada baiknya untuk memesan hanya apa yang tubuh Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Saat makan di rumah, jangan merasa perlu mengisi seluruh piring Anda.

Siapkan makanan seimbang

Pastikan makanan yang Anda makan proporsional dengan kandungan menyehatkan lain. Misalnya, jika Anda makan sandwich untuk makan siang, pastikan untuk menambahkan banyak sayuran dan daging ke dalamnya. Ini akan membantu Anda mencapai asupan nutrisi harian yang disarankan. Mengonsumsi sayuran atau buah setiap harinya sangat bagus untuk melengkapi apa yang dibutuhkan tubuh.

Santap beragam makanan

Sumber : herbalogi

Makan beragam jenis makanan sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Pastikan untuk mengonsumsi lima kelompok makanan penting dalam menu keseharian Anda, sepert buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan daging, biji-bijian, dan susu atau produk susu. Cobalah untuk mengganti karbohidrat dengan sayuran untuk mendapatkan proporsi yang lebih baik dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Anda juga harus mengonsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran daripada bertahan pada jenis yang sama. Semua makanan mengandung kombinasi vitamin dan mineral yang berbeda, jadi variasikan makanan Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak.

Perhatikan kalori cair

minum air putih

Sangat mudah untuk melupakan asupan cairan sebagai bagian dari diet Anda karena tidak berhubungan dengan makanan. Namun, minum minuman manis dapat meningkatkan kalori Anda secara signifikan dan membuang fungsi diet.

Tidak apa-apa menikmati minuman tinggi kalori dalam jumlah sedang, tetapi Anda tidak dianjurkan terus-menerus minum minuman seperti alkohol atau soda. Meskipun jus buah juga tampaknya merupakan pilihan yang lebih sehat, itu tetap mengandung jumlah tambahan gula yang relatif tinggi.

Cobalah untuk mengganti minuman ringan dan kopi dengan air putih. Menambahkan potongan buah ke air Anda dapat meningkatkan rasa dan berperan sebagai alternatif yang baik untuk minuman yang dimaniskan secara kimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here