Anda Ingin Dihormati Rekan Kerja? 5 Tips Ini Bisa Membangun Reputasi Anda

Dihormati rekan kerja, terlebih oleh atasan, bukan perkara yang mudah. Anda harus membuktikan diri melalui kinerja kerja. Selain itu, Anda juga harus menghormati orang lain terlebih dahulu sebelum meminta perlakuan serupa dari orang lain. Ya, hargai dan hormatilah semua orang di tempat Anda bekerja, apapun jabatannya.

Beberapa tips berikut bisa menjadi panduan Anda untuk mulai menghormati rekan kerja.

Apa pun yang Anda Lakukan, Jangan Lewatkan Deadline

Banyak pekerja hanya memperlakukan deadline sebagai target umum yang harus dicapai. Ketika Anda bekerja di antara rekan kerja seperti itu, Anda akan lebih menonjol jika Anda menganggap serius setiap deadline pekerjaan. Reputasi sebagai seseorang yang dapat diandalkan tidak hanya akan membuat Anda dihargai, tetapi juga membantu Anda mendapatkan tanggung jawab yang tidak bisa diberikan atasan kepada orang lain.

Jauhi Gosip di Tempat Kerja

Ya, banyak orang suka bergosip. Namun, ketika mereka melihat orang lain melakukan hal yang sama, mereka juga akan menghakimi para biang gosip. Bergosip secara langsung atau meninggalkan jejak dengan bergosip di jejaring sosial atau email bisa merusak reputasi Anda. Apalagi bila gosip yang Anda sebar ketahuan rekan kerja lain. Ingat, selalu ada risiko bahwa suatu hari nanti Anda akan membicarakan gosip kepada orang yang salah.

Bersikap Baik kepada Orang-orang di Bawah Anda

Bagi rekan kerja yang menerima perintah dari Anda, mereka mungkin sungkan untuk menentang Anda. Namun, alangkah baiknya mereka sungkan kepada Anda karena reputasi Anda, bukan karena takut kepada Anda.

Baca Juga: Open Door Policy: Saat Karyawan Bebas Berinteraksi dengan Atasan

Jadi, bangunlah reputasi Anda sebagai sosok yang layak dihormati rekan kerja. Caranya, tentu, mulai dengan menghormati semua bawahan atau anak buah Anda. Sopan santun adalah syarat dasar untuk meraih sukses.

Ingatlah untuk Tidak Menantang Otoritas

Jika seseorang di posisi yang berwenang mengatakan sesuatu yang Anda yakini salah, bukan ide yang baik bila Anda berkonfrontasi di depan publik. Sikap Anda ini justru akan memercikkan persoalan baru di dalam tim. Anda akan terlihat konyol karena menyebabkan masalah.

Ketika Anda harus mempertanyakan sesuatu secara mendasar kepada atasan, lakukan secara pribadi, atau setidaknya melalui email.

Hindari Datang Terlambat Menghadiri Rapat

Sering terlambat menghadiri sebuah rapat, meski hanya satu menit, akan mengganggu rekan kerja Anda, kendati efeknya tidak signifikan. Bila kebiasaan ini selalu terjadi maka Anda dinilai sebagai sosok yang tidak bisa menepati janji. Padahal, kesuksesan karier turut dipengaruhi oleh sikap yang satu ini. Percaya deh, Anda akan merasakan “buahnya” dalam jangka panjang bila Anda selalu tepat waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here