Begini Nih Format CV Rapi yang Disukai Para Rekruter

Format CV yang rapi biasanya lebih disukai oleh rekruter. Rapi di sini berarti sistematis, jelas, dan mudah dipahami. Munculnya tren CV kreatif sering kali membuat para pelamar kerja melupakan tentang kerangka CV yang baik dan benar.

Berikut ini poin-poin yang harus ditampilkan dalam CV. Usahakan ikut panduan format CV rapi berikut agar lamaranmu dilirik oleh rekruter ya.

Nama, Email, Telepon, dan Foto di Header

Bagian header menjadi poin penting yang akan pertama kali dilihat oleh HRD. Mengingat begitu banyaknya lamaran yang masuk, usahakan header-mu memuat info-info penting dulu. Pastikan HRD seakan mengenalimu dalam sekali lihat.

Perhatikan komponen yang harus ada di header: nama, email, telepon, serta foto diri. Lampirkan foto diri yang sopan dan menarik. Cek kembali penulisan nama dan kontakmu agar tidak ada yang salah.

Deskripsi Diri dengan Singkat

Agar format CV terlihat rapi, berikan deskripsi singkat mengenai profilmu di bawah header. Kamu tidak perlu terlalu panjang menjelaskan siapa dirimu di bagian ini. Anggap saja deskripsi ini memberikan gambaran pada HRD tentang dirimu secara umum.

Cantumkan saja pekerjaan serta pengalaman kerja secara garis besar yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Tampilkan beberapa soft skill yang sekiranya mampu memberi nilai lebih padamu di mata HRD.

Data Riwayat Pendidikan

Poin penting dalam format CV rapi berikutnya adalah data pendidikan yang sudah kamu tempuh. Kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pendidikanmu. Cantumkan saja dua pendidikan terakhirmu, biasanya adalah SMA dan kuliah.

Jangan lupa tambahkan rentang waktu pendidikan tersebut. HRD biasanya cukup jeli mengecek bagian ini untuk melihat kemampuan akademis pelamar kerja. Kalau IPK-mu cukup baik, kamu bisa lampirkan di bagian data riwayat pendidikan ini.

Baca Juga: Minder Belum Berpengalaman? Cek 5 Poin Penting CV bagi Pemula!

Deskripsi Pengalaman Kerja

Setelah riwayat pendidikan, masukkan pengalaman kerja yang kamu miliki. Berikan deskripsi pada setiap pekerjaan, yaitu mencakup tanggung jawab dan prestasi yang pernah diterima. Poin pengalaman kerja ini menjadi perhatian lebih bagi HRD, terutama jika mencari seorang profesional.

Andai kamu adalah seorang fresh graduate, cantumkan saja pengalaman kerja saat masih kuliah. Entah itu magang atau pun mengikuti kegiatan organisasi maupun amal. Bagian ini bisa menjadi media kamu menjabarkan pengalaman apa saja yang pernah dimiliki.

Kemampuan dan Sertifikasi

Untuk menutup format CV yang rapi, masukkan kemampuan yang kamu miliki. Hal ini meliputi soft skill serta hard skill. Kamu juga bisa memasukkan sertifikasi yang pernah kamu tempuh sebagai tambahan nilai.

Lampirkan sertifikat atau contoh portofolio di bagian yang terpisah dari CV. Usahakan buat CV lebih ringkas dengan satu halaman. Gunakan sertifikat dan portofolio sebagai lampiran tambahan saja.

Persiapkan CV kamu sebaik mungkin dari sekarang. Ingat, format CV yang rapi jauh lebih disukai dan kemungkinan dapat dilirik HRD loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here