Gamification: Cara yang Fun untuk Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

game

Keterlibatan karyawan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Lebih dari itu, keterlibatan karyawan dibutuhkan pula untuk mendapatkan efektifitas, efisiensi serta menciptakan ide-ide baru dan inovasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan yaitu dengan menggunakan gamification.

Belakangan ini, gamification semakin sering digunakan untuk mendapatkan pencapaian-pencapaian terbaik karyawan yang bekerja sebuah di perusahaan. Baik untuk rekrutmen, peningkatan penjualan, peningkatan produksi, dan tentunya untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan gamification? Selain itu, bagaimana perusahaan menggunakan strategi tersebut untuk meningkatkan keterlibatan karyawannya?

Gamification: Strategis dan Menyenangkan

Gamification merupakan strategi yang berorientasi pada games/permainan yang diaplikasikan pada tugas dan pekerjaan-pekerjaan non-gaming. Dalam prakteknya, strategi ini bisa menggunakan beragam bentuk permainan atau aplikasi/program gaming. Cara ini mudah untuk meningkatkan minat dan ketertarikan karyawan. Karena, memainkan games ataupun aplikasi gaming sangat menyenangkan.

Cara ini juga efektif karena mampu merangsang motivasi lewat adanya pengakuan, keinginan untuk berkompetisi serta pemberian hadiah. Selain itu dengan adanya perangkat tertentu yang digunakan, karyawan diberikan kesempatan untuk mengelola proses kerja, berkompetisi secara sehat dan mengabarkan pencapaian yang didapatkan pada karyawan lainnya. Karena berbagai kelebihannya inilah gamification semakin diminati oleh banyak perusahaan.

Baca Juga: Agate Tawarkan Gamification untuk Strategi Pemasaran B2B hingga B2C

Perhatikan Ini agar Strategi Gaming Bisa Efektif

Meskipun punya banyak kelebihan, perusahaan harus menggunakan strategi gamification dengan baik. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, bentuk gaming sebaiknya tidak menyertakan tugas atau pekerjaan yang terlalu banyak. Karena memainkan game seharusnya fun, bukan? Melibatkan tugas atau pekerjaan terlalu banyak akan membuat karyawan mudah merasa stres.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan, yaitu perusahaan tetap harus obyektif dan adil dalam memberikan penilaian dan hadiah pada karyawan. Lebih dari itu, transparansi diperlukan agar karyawan tahu bagaimana perusahaan melakukan penilaian.

Di sisi lain, meskipun gamification sangat menyenangkan untuk diterapkan, strategi ini harus tetap dapat meningkatkan perilaku positif karyawan dan keterlibatan karyawan.

Sedangkan untuk games yang digunakan, sebaiknya perusahaan memastikan adanya beberapa elemen ini:

  • Mainkan games yang memicu motivasi karyawan untuk menyelesaikan tugas, menerima hadiah dan mendapatkan pengakuan.
  • Games yang dimainkan bisa membagi pekerjaan menjadi tugas-tugas yang ringan untuk diselesaikan.
  • Games harus mengajak karyawan untuk menyelesaikan permainan hingga selesai.

Dengan menerapkan gamification, perusahaan akan lebih mudah mengajak karyawan terlibat secara penuh dalam pekerjaannya. Lebih dari itu, karyawan tidak mudah stres, baik dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk mendapatkan penghargaan atau pengakuan dari perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here