Gaya Hidup Frugal: Cermat Berhemat demi Masa Depan yang Lebih Mapan

Mengelola keuangan pribadi secara cermat harusnya bukan masalah besar bagi masyarakat modern. Banyak referensi yang bisa diperoleh untuk mempelajari literasi finansial secara efektif. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan demi masa depan yang lebih mapan dan kondisi finansial yang stabil adalah menerapkan gaya hidup frugal.

Penasaran dengan gaya hidup frugal dan implementasi yang sesuai dengan kondisi finansial pribadimu? Yuk simak dulu ulasan selengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Gaya Hidup Frugal?

Gaya hidup frugal (frugal living) adalah prinsip hidup yang mengutamakan ketelitian dalam mengatur keuangan dan waktu sehingga risiko pemborosan bisa ditekan seminimal mungkin.

Prinsip ini bukanlah sesuatu yang klise karena sudah banyak diterapkan oleh masyarakat modern. Justru gaya hidup istimewa ini sangat penting untuk meminimalkan godaan hidup boros dan kecenderungan utang konsumtif.

Baca Juga: Kakeibo: Trik Berhemat ala Jepang yang Bikin Anda Cepat Kaya

Upaya Penghematan yang Patut Dilakukan Masyarakat Modern

Jika kamu ingin mencoba menerapkan gaya hidup frugal, maka kamu harus memulainya dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana ini:

  • Memilah barang belanjaan dengan teliti sebelum membeli. Jangan ragu membeli barang yang lebih murah dengan kualitas tak kalah baik.
  • Mengurangi penggunaan produk-produk yang kurang penting atau menggantinya dengan produk serupa yang lebih murah.
  • Sesekali membeli barang branded tak masalah asalkan fungsinya dapat digunakan bertahun-tahun sehingga kamu lebih hemat.
  • Meminimalkan kebiasaan yang berujung pada pemborosan, misalnya minum kopi di kafe, menonton film di bioskop, atau jalan-jalan di pusat perbelanjaan.
  • Menyiapkan dana darurat untuk hal-hal tak terduga, misalnya bila mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), anggota keluarga sakit parah, wabah penyakit menular, dan lainnya. Dana darurat harus berbentuk aset likuid yang mudah digunakan, misalnya uang tunai, emas, atau deposito.
  • Menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung dan berinvestasi sebagai bentuk persiapan bagi masa depan, misalnya untuk membeli rumah pribadi, biaya pendidikan anak, dan dana pensiun.

Yuk, Mengatasi Hambatan yang Menghalangi Hidup Hemat!

Gaya hidup frugal bisa diterapkan secara maksimal bila kamu mampu mengatasi berbagai hambatan dengan cara berikut ini:

  • Membatasi pergaulan dengan teman-teman yang konsumtif karena hal tersebut bisa memicu dirimu untuk ikut boros.
  • Menggunakan waktu berkualitas bersama keluarga dengan beraktivitas di rumah tanpa harus sering bepergian ke luar rumah atau rekreasi.
  • Mulai menyisihkan pendapatan untuk dana darurat, tabungan, investasi, dan kebutuhan utama sejak baru menerima gaji.
  • Melakukan evaluasi terhadap penyebab pemborosan sehingga kamu bisa mengatasi penyebab tersebut secara efektif.

Kini, kamu tahu kan kalau menjalani gaya hidup frugal bukanlah hal sulit kalau kamu bisa bersikap disiplin. Mari menerapkan gaya hidup ini agar kondisi finansialmu senantiasa stabil dan makin mapan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here