Hindari, Jebakan Karier Bisa Mengganggumu Mencapai Tujuan Karier

Seringkali kita mendengar seorang karyawan mengeluh karena kariernya mentok di tengah jalan. Ada juga karyawan yang mengalami kegagalan dalam kariernya. Penyebabnya bisa beragam. Salah satunya, yaitu jebakan karier.

Situasi dan kondisi perusahaan turut berperan serta dalam perkembangan karier seseorang. Demikian pula dengan tingkat persaingan yang ada di perusahaan tersebut. Namun, tidak jarang karier karyawan mentok atau gagal karena faktor lain.

Faktor lain tersebut berasal dari dalam diri. Dalam hal ini faktor tersebut menjadi jebakan karier yang merugikan dirinya. Kalau kamu sekarang sedang merintis karier, pastikan dirimu tidak terperosok ke dalam jebakan tersebut.

Jebakan dari Karier Orang Lain

Salah satu cara untuk bisa sukses berkarier, yaitu dengan menjadikan karier atau pencapaian rekan kerja sebagai sumber motivasi. Tapi saat melakukannya, sebaiknya kamu tidak membandingkan kariermu dengan karir orang lain.

Karena, setiap karyawan memiliki kemampuan dan pengalaman yang berbeda. Setiap karyawan juga bekerja di situasi dan kondisi yang berbeda.

Baca Juga: Mau Sukses dalam Karier? Kamu Harus Bisa Mengambil Inisiatif Kerja

Lebih dari itu, jika karier rekan kerja lebih baik, kamu tidak seharusnya merasa putus asa. Cobalah untuk menghargai semua yang sudah kamu lakukan bagi perkembangan kariermu. Meskipun kariermu belum secemerlang karier rekan kerja.

Sok Sibuk Bisa Mengarah ke Jebakan Karier

Banyak yang beranggapan, semakin banyak pekerjaan yang dikerjakan maka semakin sukses karier yang bisa didapatkan. Pendapat ini tidak benar. Lakukanlah pekerjaan yang memiliki nilai tertentu sehingga kariermu bisa berkembang dengan mengerjakan pekerjaan tersebut.

Selain itu, ada baiknya kamu juga menyisihkan waktu untuk kegiatan lain yang tidak kalah bernilai. Semisal, bersosialisasi, networking, menyalurkan hobi dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut memang tidak secara langsung memuluskan jalan kariermu. Tapi, kamu bisa mendapatkan work-life balance yang juga penting bagi proses perkembangan karier.

Jebakan Karier karena Ambisi

Umumnya, jika sudah mencapai tujuan kariernya, seseorang akan mendapatkan status yang lebih baik, uang yang lebih banyak, wewenang yang lebih besar hingga popularitas.

Namun, cobalah untuk tidak membuat hal-hal itu menjadi jebakan yang bisa mengganggu karier kamu. Caranya dengan menyesuaikan tujuan karier dengan nilai-nilai pribadi atau nilai-nilai mulia yang kamu yakini. Sehingga, kamu akan lebih termotivasi. Selain itu kamu juga terhindar dari tekanan yang bisa membuatmu stres dalam bekerja.

Jebakan Karier karena Mengharapkan Pekerjaan Impian

Seringkali karyawan menginginkan pekerjaan impian menjadi tujuan akhir dari perjalanan kariernya. Akibatnya, jika pekerjaan impian itu tidak bisa dimiliki, ia menjadi stres atau putus asa. Hal ini tentunya harus dihindari.

Untuk itu, kamu harus mendefinisikan ulang pengertian pekerjaan impian. Pekerjaan impian adalah pekerjaan yang bisa membuatmu nyaman dalam bekerja. Lebih dari itu, dengan mengerjakan pekerjaan tersebut kamu mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam bekerja.

Mengenali jebakan karier bisa menghindarkanmu dari kegagalan karier atau karier yang mentok. Sebaliknya, kamu jadi bisa fokus melangkah ke arah tujuan kariermu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here