Tambah Gemuk karena WFH dalam Waktu Lama? Jangan Biarkan Itu Terjadi!

Rutinitas bekerja dari rumah (work from home atau WFH) seakan menjadi zona nyaman baru untuk sebagian karyawan. Maklum saja, bekerja dari rumah memang membuat kamu lebih leluasa mengatur waktu dan aktivitas. Itulah sebabnya risiko tambah gemuk karena WFH jadi sulit dihindari.

Kalau kamu termasuk orang yang mulai tambah gemuk karena WFH, jangan biarkan hal tersebut terjadi begitu saja. Lakukan beberapa hal ini supaya berat badan kembali ideal:

Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Ternyata waktu tidur yang kurang karena sibuk bekerja bisa membuat kamu semakin gemuk. Kondisi kurang tidur menyebabkan nafsu makan jadi berlebihan sehingga kamu cenderung menyantap makanan lebih banyak daripada biasanya.

Sesibuk apa pun kamu saat WFH, usahakan untuk memiliki waktu tidur minimal 7 jam per hari. Waktu tidur yang cukup akan membuat kamu senantiasa bugar dan tak kesulitan mengendalikan nafsu makan.

Membatasi Konsumsi Makanan Berat

Ketika WFH, kemungkinan besar kamu akan ditemani makanan enak yang dimasak sendiri atau dipesan via ojek online. Menikmati makanan berat dalam jumlah berlebihan secara terus-menerus juga membuat kamu tambah gemuk karena WFH.

Solusinya, batasi konsumsi makanan berat supaya porsinya tidak berlebihan, terutama bila kamu gemar ngemil di sela-sela jam makan. Makanlah buah-buahan dan sayuran dalam porsi lebih banyak agar kamu lekas kenyang tanpa menimbun kalori berlebihan.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Pola Makan Saat Work From Home, Begini Tipsnya!

Menikmati Camilan Sehat Rendah Kalori

Camilan sehat rendah kalori adalah teman yang tepat untuk menemani aktivitas WFH. Beberapa jenis camilan sehat yang bisa kamu andalkan adalah buah-buahan, kuaci, energy bar, dan kacang panggang.

Konsumsi camilan sehat dalam porsi seimbang tak akan menjadi penyebab kamu tambah gemuk saat WFH. Justru camilan sehat tersebut baik untuk menunda lapar dan membuat kamu lebih fokus.

Mengurangi Konsumsi Minuman Manis

Tak banyak orang yang menyadari bahwa konsumsi minuman manis juga jadi biang keladi yang menyebabkan kelebihan berat badan. Risiko tambah gemuk saat WFH dapat terjadi kalau kamu sering mengonsumsi minuman manis seperti teh, kopi, boba drink, jus, dan lainnya.

Itulah sebabnya, kamu wajib mengurangi konsumsi minuman manis tinggi kalori agar tidak kelebihan berat badan selama WFH.

Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Risiko tambah gemuk karena WFH semakin meningkat jika kamu jarang melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, kamu mesti menyempatkan waktu untuk berolahraga ringan di rumah atau sekitar rumah.

Jika punya anjing peliharaan, kamu juga bisa mengajaknya jalan-jalan pada pagi dan sore hari. Aktivitas fisik ringan akan membuat kamu senantiasa sehat dan bersemangat ketika beraktivitas.

Jangan sampai kamu tambah gemuk karena WFH dan mulai merasa minder, ya. WFH tak boleh mengganggu produktivitas dan penampilanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here