Tunjukkan Kekuatan Terbesar Ini saat Melakukan Interview di Bidang Sales

Tunjukan Kekuatan Terbesar Ini Saat Melakukan Interview di Bidang Sales
Sumber: Hiringsimulation

Saat melakukan interview kerja, pewawancara akan mengajukan pertanyaan pada kandidat tentang kekuatan terbesar atau pencapaian terbesar dalam industri yang dijalani. Begitu juga bila Anda hendak melakukan interview kerja di bidang penjualan. Dan berikut tips untuk bisa sukses interview di bidang sales.

Tips Sukses untuk Melakukan Interview di Bidang Sales

Tunjukkan Kekuatan Anda

Pewawancara berharap saat pelamar kerja melakukan interview di bidang sales, ia dapat ‘menjual dirinya’ pada pewawancara. Jadi, Anda jangan ragu untuk membuat daftar kualitas top dan membagikan keberhasilan Anda. Untuk mempertahankan kerendahan hati, hindari meremehkan rekan kerja atau membandingkan diri Anda dengan mereka, serta fokuslah pada prestasi pribadi Anda. Cara terbaik adalah dengan fokus pada 2-3 atribut terbaik daripada memberi daftar panjang tentang karakter Anda.

Baca Juga: Kali Ini Pasti Sukses! Tunjukkan Skill Ini saat Interview Kerja Marketing

Persuasi yang Bersahabat

Kandidat yang ingin sukses interview di bidang sales harus memiliki kemampuan untuk membujuk pelanggan dan klien agar membeli produk atau layanan mereka. Untuk itu, mereka harus dapat terhubung dengan pelanggan, mendapatkan kepercayaan serta rasa hormat dalam waktu singkat. Dengan begitu, Anda bisa selalu memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan.

Anda dapat menjawab pertanyaan interview di bidang sales dengan mengatakan, ‘Kekuatan terbesar saya adalah kemampuan untuk membangun hubungan dengan klien dan mendapatkan kepercayaan mereka’. Atau, ‘Salah satu kekuatan terbesar saya adalah saya bisa memberi energi pada masing-masing klien sehingga mereka tahu bila saya akan melakukan yang terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan’.

Kepercayaan Diri yang Meyakinkan

Orang-orang yang bekerja di bidang sales juga harus memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, tanpa mengurangi kemampuan untuk menjadi orang yang tulus dan dapat dipercaya. Manajer perekrut ingin memastikan bila Anda adalah orang sosok yang berani dan cukup percaya diri untuk memasarkan produk atau layanan perusahaan dan penjualan secara lengkap.

Untuk tujuan ini, Anda dapat mengatakan, ‘Kekuatan terbesar saya adalah tekad kuat untuk terus bekerja dengan pelanggan sampai saya mendapatkan jawaban final, ya atau tidak’. Atau, ‘Saya adalah seorang sales top pada divisi saya selama 3 tahun berturut-turut karena saya tidak takut untuk menelepon dan menindaklanjuti semua petunjuk’.

Cerita yang Bagus

Contoh yang singkat dan pendek seringkali mengungkapkan detail tentang kekuatan skill sales Anda. Untuk itu, batasi penyampian cerita Anda selama 1 menit sehingga Anda bisa memberi kesempatan pada pewawancara untuk bertanya tentang detail mengenai kisah Anda tersebut, atau dilanjutkan dengan pertanyaan lain.

Biarpun begitu, hindari cerita yang terlalu dramatis, dibesar-besarkan, atau hanya fiksi belaka karena hal ini bisa membuat pewawancara menebak bila Anda sedang berbohong. Dan bila Anda ingin sukses interview di bidang sales, jangan terlalu berbelit-belit saat memberi respon.

Anda dapat menjelaskan bagaimana Anda melakukan penjualan yang sulit dengan menghadirkan semua keunggulan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Atau, jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan sales besar dengan mengajak klien untuk makan bersama dan menawarkan sampel untuk mereka agar bisa diuji dan diulas.

Punya Strategi Negosiasi

Beberapa posisi sales memerlukan proses negosiasi, terutama ketika produk atau layanan tersebut merupakan barang yang mahal. Sebagai contoh, untuk salesman mobil yang seringkali harus memiliki skill tawar menawar sehingga mereka harus menentukan seberapa banyak yang harus dinegosiasikan untuk melakukan penjualan dan memaksimalkan keuntungan.

Anda dapat menjawab pertanyaan interview di bidang sales ini dengan mengatakan, ‘Saya telah belajar seni negosiasi dan seringkali memasukkan tunjangan berbiaya rendah dalam kesepakatan tanpa mengurangi sales yang lebih tinggi secara keseluruhan’. Atau, ‘Salah satu kekuatan terbesar saya adalah kemampuan untuk melakukan negosiasi dengan klien atau pelanggan untuk menciptakan win-win solution yang akan menguntungkan kedua belah pihak.’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here