Tidak Perlu Gugup! Terapkan Tips Sukses Interview untuk Kerja Magang Ini

Tidak Perlu Gugup! Terapkan Tips Sukses Interview Untuk Kerja Magang Ini
Sumber: Careeraddict

Kerja magang dapat memberi kesempatan emas untuk Anda agar bisa melangkah lebih jauh pada bidang yang Anda sukai. Seiring dengan pendidikan perguruan tinggi yang baik dan kontak jaringan yang baik, kerja magang memberi pondasi untuk karir yang sukses dan memuaskan. Perusahaan akan mengekspos Anda pada lingkungan kerja yang sebenarnya dan memberi Anda akses pada orang dalam industri dengan pengalaman bertahun-tahun. Dan untuk bisa sukses interview untuk kerja magang, Anda bisa simak tips berikut ini.

Tips Melakukan Interview untuk Kerja Magang

Sumber : Steven L Blue

Pertanyaan tentang Kapabilitas

Pelamar kerja magang baru dibidangnya dan pewawancara tahu akan hal tersebut. Pewawancara juga tidak akan bertanya tentang kesuksesan kerja Anda sebelumnya. Alih-alih, pewawancara akan mengharapkan Anda untuk tahu tentang kapabilitas dan ingin tahu apakah Anda memiliki karakter inti yang diperlukan untuk mempelajari bisnis dan menambah nilai bagi organisasi. Jadi, bersiap-siaplah untuk menunjukkan kompetensi Anda dalam hal detail, menghormati tenggat waktu, menemukan jawaban dan melakukan pekerjaan yang baik pada tugas-tugas harian.

Baca Juga: 4 Hal Paling Cerdas untuk Ditanyakan saat Wawancara Magang

Pertanyaan tentang Kepribadian

Memulai di bidang baru memerlukan tingkat kerendahan hati. Interview untuk kerja magang biasanya akan mencoba memahami kepribadian, ego, dan proses berpikir. Perusahaan ingin seseorang dengan dorongan dan kepercayaan diri. Tetapi Anda harus melakukannya dengan halus karena sifat-sifat yang sama juga bisa terlihat pada keserakahan dan kesombongan bila Anda melangkah terlalu jauh.

Cobalah untuk memproyeksikan kepercayaan diri tanpa melebih-lebihkan. Bersikaplah jujur akan ambisi karir Anda, tetapi fokus pada tujuan jangka pendek daripada impian jangka panjang yang Anda miliki seperti ingin menjalankan perusahaan atau menjadi milyarder. Berilah perhatian pada karakter inti. Pewawancara menginginkan orang yang dapat menyesuaikan diri di kantor dan egonya tidak akan menghalangi bisnis.

Presentasikan diri Anda secara profesional dengan tanggapan singkat dan tajam yang tidak menyimpang dari inti pertanyaan. Sampaikan poin-poin utama pertanyaan yang diajukan pewawancara pada Anda dan selalu perlakukan semua yang dikatakan oleh pewawancara sebagai kesempatan untuk menunjukkan kapabilitas Anda.

Pertanyaan Pencapaian

Pewawancara pada interview untuk kerja magang tahu bila Anda tidak punya banyak histori dalam bisnis profesional. Tetapi mereka ingin tahu tentang histori akademik, aktivitas ekstra kurikuler, pekerjaan apapun yang pernah Anda tangani, dan hobi Anda. Pertanyaan semacam ini akan membantu memberi informasi pada pewawancara tentang kemampuan Anda mempelajari hal-hal baru, mencari pengalaman baru, dan kesuksesan Anda dapat ditunjukan pada aksi passion, kemampuan berpikir cepat, kreatif dan komitmen terhadap nilai dan keyakinan yang Anda pegang. Jadi, anggap pertanyaan ini sebagai hal serius karena jawaban Anda mencerminkan karakter Anda.

Merespon Pertanyaan Ganjil

Saat melakukan interview untuk kerja magang, pewawancara bisa saja mengajukan pertanyaan ganjil, terutama untuk mendapat tanggapan dari pertanyaan tak terduga karena hal ini bisa menunjukkan bagaimana Anda berpikir dan bagaimana Anda menyusun respon jawaban. Anda tidak dapat menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan acak seperti ini karena hal ini dianggap sebagai pertanyaan ‘suka-suka’ dari pewawancara.

Tujuan dari pertanyaan yang diajukan pada interview untuk kerja magang ini adalah untuk membuat Anda melepaskan diri dari kepribadian, menampilkan lebih banyak lagi tentang diri Anda yang sebenarnya, serta untuk mengetahui bagaimana cara berpikir Anda. Untuk itu, fokuslah dalam memahami kekuatan Anda sebelum melakukan interview untuk kerja magang dan jawab pertanyaan tersebut sejujur mungkin.

Jangan mencoba mendapatkan kesan dari pewawancara atau menebak maksud dari pertanyaan tersebut. Bila pewawancara benar-benar ingin tahu siapa Anda sebenarnya, tunjukkan padanya dan biarkan mereka menilai kualitas dan kapabilitas Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here