Selain Koneksi Internet, Ini Faktor Penting Interview Virtual Lainnya

Seiring tingginya persaingan mendapatkan pekerjaan, screening kandidat menjadi hemat biaya. Percakapan selama 15 menit dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga manajer perekrut maupun pencari kerja. Namun, melakukan interview virtual dalam bentuk interview via Skype dan telepon tidak mudah karena Anda sebagai kandidat tidak dapat melihat wajah pewawancara. Tips berikut dapat membantu Anda sukses interview virtual.

Tips Sukses Melakukan Interview Virtual

Lakukan Pendekatan Seperti Biasa

Menjadi diri sendiri adalah saran yang terkesan datar. Namun, apapun bentuk interview yang Anda lakukan membutuhkan pendekatan yang sama. Entah Anda melakukan wawancara secara face-to-face atau virtual, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Perbedaan dari kedua interview ini hanyalah penampilan fisik dan lingkungan saja.

Lihat Sekeliling Anda

alat wawancara
Sumbe : marketproinc

Sekali lagi, poin ini bukan hal baru. Namun, Anda perlu ingat bahwa rekruter tidak hanya dapat melihat dan mendengar Anda, tetapi mereka juga dapat melihat dan mendengar sekeliling Anda. Jadi, jangan melakukan interview virtual di coffee shop atau di stasiun kereta. Pisahkan diri Anda di tempat yang tenang dan cobalah untuk memastikan bahwa lingkungan Anda hangat dan netral.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Wawancara Kerja Melalui Skype Tak Berhasil

Bila Anda dapat re-create sebuah settingan kantor, semua akan menjadi lebih baik. Kuncinya di sini adalah dengan memastikan bahwa Anda memiliki privasi total. Bila Anda di rumah, Anda tidak ingin rekan sekamar ikut campur atau hewan peliharaan Anda mengganggu interview virtual Anda.

Periksa Koneksi Internet

Tidak semua orang diberkati dengan keterampilan teknis. Namun, lakukan apa yang Anda bisa untuk memastikan bahwa kamera dan mikrofon berfungsi dengan baik. Karena kedua fitur itulah yang akan menjadi tool penting ketika Anda melakukan interview virtual. Juga, pastikan koneksi internet lancar. Hentikan semua proses download atau upload agar Anda dapat fokus pada interivew virtual.

Jangan Malu-malu

Bila Anda mengalami masalah teknis apapun, segera informasikan pada pewawancara. Anda tentu tidak ingin mendapatkan risiko salah saat menjawab pertanyaan hanya karena tidak mendengar dengan jelas dan akurat, bukan? Bila panggilan tak terduga datang, jangan takut untuk melakukan panggilan ulang pada pewawancara.

Jaga ‘Kontak Mata’

Tidak Hanya Tentang Koneksi Internet, Perhatikan Ini Saat Interview Virtual
Sumber: Careereducation.columbia

Ini bertentangan dengan insting alami Anda untuk memalingkan muka dengan orang yang Anda ajak bicara, tetap inilah yang perlu Anda lakukan saat melakukan web-based chat. Ingatlah, Anda perlu mempertahankan ‘kontak mata’ dengan kamera dan bukan orang di ujung sana. Bila Anda mencoba dan mempertahankan kontak mata dengan orang yang ada di screen, itu akan tampak oleh mereka bila Anda sedang melihat ke bawah sepanjang waktu.

Jangan Membaca Contekan

Sumber: townpress

Ini selalu menjadi ide yang bagus untuk menuliskan beberapa catatan sebelum Anda melakukan interview virtual untuk referensi. Tetapi ada perbedaan antara menggunakan beberapa contekan untuk melancarkan memori dan membaca seluruh isi ‘pidato’. Jadi, lihatlah bagaimana seorang public speaker berbicara dengan ide di kepala dan ia bisa memberi uraian lengkap, detail, dan lancar.

Seperti halnya wawancara lain, pastikan juga Anda mengenakan busana yang pantas, merawat diri secukupnya dan hadir di depan kamera untuk melakukan interview virtual secara profesional. Bila Anda melakukan interview untuk posisi remote, kemungkinan Anda akan menggunakan Skype secara teratur untuk urusan sehari-hari. Interview menjadi langkah awal yang baik untuk mengintegrasikannya ke dalam kehidupan profesional Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here