Sunrise Property: Area Paling Potensial untuk Berbisnis dan Berinvestasi

Properti masih menjadi salah satu objek investasi potensial bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas. Selain itu, lokasi properti yang tepat juga penting untuk mendukung kelancaran bisnis. Itulah sebabnya, kamu mesti mahir memilih sunrise property bila ingin berinvestasi atau memulai suatu bisnis.

Belum pernah dengar tentang sunrise property? Kalau begitu sebaiknya kamu menyimak ulasannya berikut ini terlebih dahulu.

Mengenal Definisi Sunrise Property

Sunrise property dapat didefinisikan sebagai kawasan properti yang sedang bertumbuh pesat karena dianggap potensial sehingga tingkat permintaannya sangat tinggi. Kawasan penyangga ibukota atau kota besar lainnya kerap dianggap memiliki peluang besar untuk berkembang sehingga sangat diminati masyarakat.

Beberapa kawasan potensial tersebut meliputi Serpong serta daerah sekitar barat dan selatan, daerah sekitar Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jatiasih, Puri Kembangan, dan Puri Indah.

Sewaktu kamu membeli rumah atau tempat usaha di kawasan tersebut, kemungkinan besar fasilitasnya belum lengkap bahkan masih dalam tahap perkembangan.

Seiring dengan berjalannya waktu, kawasan perumahan tersebut semakin lengkap karena ditunjang berbagai fasilitas berkualitas. Misalnya, jalan raya, akses transportasi umum, pusat perbelanjaan (mall dan pasar modern), dan lainnya.

Baca Juga: Saham vs Properti, Investasi Mana yang Lebih Menguntungkan?

Ciri-Ciri Lokasi Properti yang Potensial

Mengidentifikasi sunrise property bisa dibilang gampang-gampang susah. Beberapa ciri khas berikut ini bisa menjadi parameter untuk menemukan dan membeli rumah di kawasan yang potensial:

  • Harga tanah dan bangunan di kawasan tersebut selalu mengalami peningkatan secara bertahap dari tahun ke tahun.
  • Bentuk dan fungsi bangunannya beragam, bukan cuma rumah tapak tetapi bisa juga berupa apartemen, kondominium, atau rumah susun.
  • Jumlah penduduknya juga kian bertambah seiring berjalannya waktu.
  • Lokasinya sangat strategis. Meskipun letaknya terbilang jauh dari kota besar, kamu dapat mengaksesnya melalui rute transportasi umum yang tersedia, misalnya commuter line, TransJakarta, MRT, dan LRT.
  • Daerah tersebut senantiasa menjadi tujuan arus manusia, misalnya sebagai pusat bisnis, pusat pemerintahan, atau kawasan penyerap tenaga kerja.
  • Memiliki jaminan bebas bencana alam (banjir) karena akan difungsikan sebagai pusat perekonomian masa depan.
  • Infrastruktur dan fasilitas umum di sekitarnya terus bertambah dan terkesan semakin modern.
  • Pengelolaan permukiman dilakukan oleh pengembang yang reputasinya tak perlu diragukan lagi.
  • Kawasan sunrise tak selalu berupa daerah baru yang sedang dikembangkan. Daerah lama yang difungsikan kembali secara maksimal juga bisa menjadi kawasan yang potensial di masa mendatang. Misalnya, daerah permukiman yang mulai diremajakan menjadi kawasan ruko.

Kalau kamu punya bujet yang memadai, tak ada salahnya membeli properti di kawasan sunrise sesegera mungkin. Karena nilai aset sunrise property akan berlipat ganda seiring berjalannya waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here