Dihubungi HRD Tapi Tidak Bisa Mengangkat HP? Bisa Jadwal Ulang Kok

Pernahkah kamu tidak bisa mengangkat handphone saat dihubungi HRD? Padahal, mungkin saja saat itu HRD akan mengundangmu datang kantor untuk melakukan wawancara kerja. Kalau pernah melakukannya, kamu tidak sendiri. Hal itu juga sering terjadi pada kandidat karyawan lain kok.

Pihak HRD perusahaan tentu tidak mengabarkan kapan akan menghubungi kandidat karyawan yang sudah mengirimkan berkas lamarannya. Karenanya, ada banyak alasan mengapa kamu tidak bisa mengangkat teleponnya. Semisal, sedang berada di perjalanan, sedang melakukan kegiatan penting, atau sedang berada jauh dari perangkat handphone sehingga kamu tidak bisa mendengar nada deringnya.

Kalau tidak bisa mengangkat telepon dari HRD bukan berarti kamu sudah gagal mengikuti proses seleksi kandidat karyawan. Beberapa hal ini masih bisa kamu lakukan.

Minta Jadwal Ulang Setelah Dihubungi HRD

Meminta jadwal ulang untuk wawancara kerja sudah merupakan hal lumrah yang dilakukan oleh kandidat karyawan. Oleh karenanya, setelah kamu tidak bisa dihubungi, kamu bisa mencoba untuk menghubungi pihak HRD perusahaan. Tapi, pastikan kamu menanyakan apa keperluan HRD menghubungimu sebelumnya. Karena, bisa saja HRD menghubungimu untuk memberitahukan jika kamu gagal lolos ke tahapan wawancara kerja.

Kalau kamu sudah memastikan keperluannya, yaitu mengundang ke wawancara kerja, kamu bisa meminta wawancara kerja di jadwal ulang.

Baca Juga: Tunggu! Bicara Dulu dengan HRD Sebelum Menerima Pekerjaan Baru

Tips Meminta Jadwal Ulang

Saat meminta jadwal ulang, ada dua jadwal yang bisa kamu tawarkan. Pertama, kamu bisa menyebutkan waktu yang kamu inginkan (hari, tanggal dan jam). Kedua, kamu bisa menanyakan kapan HRD bisa menerimamu untuk melakukan wawancara kerja. Setelah ditetapkan, pastikan kamu bisa menepati jadwal tersebut.

Yang perlu diingat, jangan lupa meminta maaf karena kamu tidak bisa mengangkat telepon saat dihubungi HRD. Tidak ada salahnya juga menjelaskan alasannya. Umumnya HRD perusahaan akan bisa memaklumi keadaan ini.

Jangan Baper

Setelah kamu tidak bisa mengangkat telepon saat dihubungi pihak HRD, kamu pasti menduga apa keperluannya. Nah, cobalah untuk tidak baper. Karena, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Yang pertama, HRD menghubungimu untuk memintamu menunggu kabar selanjutnya. Kedua, HRD menghubungimu untuk menyampaikan penyesalannya karena kamu tidak bisa melanjutkan ke tahapan wawancara. Jika HRD menghubungi karena alasan kedua, jangan patah semangat. Cobalah untuk mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan lainnya.

Selain lewat telepon, kamu juga bisa melakukan jadwal ulang melalui email. Perihal yang disampaikan kurang lebih sama dengan melakukan jadwal ulang lewat telepon.

Yang terpenting, cobalah mempersiapkan diri setelah mengirimkan berkas lamaran. Sehingga kejadian kamu tidak bisa mengangkat handphone saat dihubungi HRD tidak terulang kembali. Semisal, dengan memastikan handphone selalu dalam jangkauan atau mengaktifkan mode getar saat sedang dalam perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here