Pertanyaan Wawancara Sales yang Harus Dijawab Dengan Tepat

Sales person merupakan salah satu lowongan pekerjaan yang paling sering ditawarkan perusahaan. Karena pada umumnya perusahaan membutuhkan sales untuk menawarkan atau menjual produk atau jasa yang dihasilkannya.

Meski demikian, tidak semua kandidat karyawan bisa lolos wawancara kerja sales. Pasalnya, tidak semua orang mampu menawarkan atau menjual. Apalagi jika ada target yang harus dipenuhi.

Bagi kamu yang melamar posisi pekerjaan sales dan berhasil diundang wawancara, ada beberapa pertanyaan penting dari rekruter yang harus dijawab dengan tepat.

“Apa yang Anda Lakukan Saat Gagal Menjual Produk?”

Setiap sales person pasti pernah mengalami kegagalan saat menawarkan atau menjual produk. Sebabnya bisa beragam, dari mulai produk belum dikenal hingga kualitas produk yang dipertanyakan pembeli.

Untuk menjawab pertanyaan ini, cobalah berfokus pada penyelesaian masalah dan bukan pada penyebabnya. Semisal,

“Sebelumnya, saya selalu berusaha keras meyakinkan pembeli untuk membeli produk. Namun setelah mengalami kegagalan, saya akan bertanya terlebih dahulu apa kebutuhan sebenarnya dari pembeli dan manfaat seperti apa yang ingin didapatkannya”.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan ‘Kontribusi untuk Perusahaan’

“Apa Kelebihan Anda sebagai Seorang Sales?”

Pertanyaan ini mengungkap kecocokan antara minat dan kemampuan yang kamu miliki dengan job-desc dari posisi pekerjaan yang dilamar.

Jika untuk menjawab pertanyaan sebelumnya kamu menjelaskan tentang kemampuan teknis atau hard skill, untuk pertanyaan yang kedua ini ada baiknya kamu menjelaskan soft skill yang kamu miliki. Semisal,

“Saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan selalu mengutamakan pembeli. Saya juga mampu menyelesaikan masalah dan bekerja secara tim dengan baik”.

“Apa Arti Target bagi Anda?”

Rekruter ingin mengetahui seberapa besar motivasimu untuk berkompetisi dengan rekan kerja lainnya. Pertanyaan ini juga bisa mengungkap seberapa besar motivasimu untuk membantu tim atau perusahaan mencapai tujuannya.

Jawablah pertanyaan diatas dengan realistis tanpa merendahkan peran atasan atau rekan kerja. Jawaban yang bisa diberikan semisal,

Target memotivasi saya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Target juga membantu saya untuk fokus dalam melakukan penjualan. Tapi, peran rekan kerja tetap saya butuhkan untuk mencapai target yang ditetapkan”.

Wawancara Sales: Tes Menjual Produk

Di akhir wawancara kerja sales person, seringkali rekruter meminta kandidatnya untuk menjual sebuah produk padanya. Inilah saatnya kamu menunjukkan semua kemampuanmu untuk menjual.

Tips: Hindari terlalu berfokus untuk memperkenalkan fitur-fitur produk. Selain itu jangan terburu-buru ingin menjual agar produk segera laku. Sebaliknya, cobalah untuk menggali keinginan atau kebutuhan pembeli. Untuk itu, kamu tentu harus memberikan beberapa pertanyaan pada pembeli. Semisal,

“Apakah Bapak/Ibu sudah memiliki produk sejenis?”

“Kelebihan lain apa yang Bapak/Ibu inginkan dari produk tersebut?”

“Jika sudah, kapan terakhir Bapak/Ibu menggunakan produk tersebut?”

“Apakah manfaat yang didapat sebanding dengan harga yang dibayar?”

“Pernahkah Bapak/Ibu mendapatkan masalah saat menggunakan produk tersebut?”

Kamu juga harus mampu merespon informasi yang didapatkan dengan baik. Selanjutnya, sampaikan informasi yang kamu miliki dengan baik pula. Cobalah untuk memberikan value kepada pembeli selain manfaat produk yang didapatkan. Agar secara emosional pembeli merasa ingin memiliki/menggunakan produk tersebut. Semisal,

Keamanan kantor pasti memberikan kenyamanan bagi semua pekerja, dengan produk ini, Bapak/Ibu tidak perlu lagi khawatir akan keamanan kantor.

Kesehatan bagi seorang bayi sangatlah utama, dengan menggunakan produk ini, putra/putri Bapak/Ibu bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Dengan mengenakan produk ini, Bapak/Ibu akan terlihat lebih percaya diri di hadapan rekan bisnis.

Selanjutnya, lakukan closing dengan baik. Semisal,

Produk ini tinggal 100 unit, tentunya Bapak/Ibu ingin mendapatkannya sebelum kehabisan bukan?

Kami sedang memberikan diskon 25% kepada 50 pembeli pertama. Kebetulan Bapak/ibu adalah salah satu diantaranya.

Kami sudah melakukan pengiriman ke departemen finance sebanyak 1500 unit, sayang sekali kalau departemen yang Bapak/Ibu pimpin tidak memilikinya.

Dengan mampu menjawab beberapa pertanyaan di atas saat wawancara sales dilakukan, kamu memperbesar kemungkinan untuk bisa diterima. Jangan lupa untuk berlatih menjawab beberapa pertanyaan umum lain yang juga sering ditanyakan saat wawancara. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil wawancara yang sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here