Kalimat Negosiasi Gaji Ini Cukup Ampuh Loh, Bisa Kamu Praktikkan!

Membuat kalimat negosiasi gaji memang tidak mudah. Ada kalanya proses wawancara menjadi agak alot saat rekruter tidak memberi lampu hijau atas gaji yang kamu ajukan. Di sisi lain, kamu masih ingin ekspetasi gajimu diluluskan oleh perusahaan.

Selama kamu merasa layak mendapatkan gaji yang diinginkan, lakukanlah negosiasi. Proses negosiasi ini nantinya akan menentukan pilihanmu untuk menerima atau menolak tawaran dari perusahaan. Berikut beberapa contoh kalimat negosiasi gaji yang bisa kamu praktikkan saat wawancara kelak. Simak ya!

“Saya Yakin Range Gaji yang Saya Ajukan Sesuai dengan Posisi Ini”

Kalimat negosiasi gaji di atas bisa kamu coba utarakan ke rekruter. Tapi, pastikan kamu sudah benar-benar melakukan riset gaji dengan benar. Gaji yang kamu ajukan seharusnya memang sudah cocok dengan range gaji untuk posisi atau pengalaman dimiliki.

Kalimat ini hendak menyatakan bahwa kamu cukup percaya diri dengan kualitasmu. Rekruter pun dapat melihat persiapanmu begitu matang untuk wawancara. Asalkan kamu yakin akan nilaimu, kemungkinan besar negosiasimu berhasil.

“Angka yang Saya Ajukan Sesuai dengan Kompetensi yang Saya Miliki”

Respon berikutnya juga menguatkan kalimat negosiasi gaji yang pertama tadi. Jawaban ini biasanya lebih cocok bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain. Gaji dapat kamu lihat sebagai kompensasi atas nilai dan kualitas yang kamu miliki, jadi tunjukkanlah dua hal itu.

Jelaskan bahwa kompetensimu sudah sangat sesuai dan dicari perusahaan. Jika perlu, tekankan kembali beberapa prestasi dan pencapaian yang pernah kamu capai. Respon ini sangat menitikberatkan pada kelebihanmu, jadi rekruter pun akan berpikir ulang pada angka gaji yang ditawarkan padamu.

Baca Juga: Komponen Gaji yang Sebaiknya Kamu Pahami biar Makin Jelas dan Teliti

Benefit Apa yang Bisa Saya Dapatkan dari Perusahaan?”

Apa yang harus dilakukan ketika negosiasi berjalan cukup alot? Kamu tidak harus terlalu ngotot jika rekruter bergeming dan tidak tertarik. Namun, bukan berarti kamu cepat-cepat menyerah ya.

Ajukan kalimat negosiasi gaji di atas untuk mencari tahu benefit perusahaan. Andaikan perusahaan tidak bisa meluluskan ekspetasi gajimu, kamu bisa lihat fasilitas dan benefit yang ditawarkan. Siapa tahu kamu cukup tertarik dan masih bisa menerima keuntungan lain yang didapatkan saat bekerja di sana.

Semoga contoh kalimat negosiasi gaji di atas dapat membantumu dalam menjalani wawancara selanjutnya. Ingat ya, tentukan angka yang benar-benar menunjukkan kualitasmu agar ekspetasi gajimu bisa lolos!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here