Tips Memastikan Kandidat Karyawan Menghadiri Wawancara Kerja

Dalam menjalankan peran dan fungsinya, tidak jarang HRD dibatasi oleh deadline kerja. Karenanya HRD harus memastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Salah satunya, memastikan kandidat karyawan menghadiri wawancara kerja.

Jika kandidat karyawan berhalangan menghadiri wawancara kerja, sebagai HRD kamu tentu harus melakukan pekerjaan ekstra. Yaitu, kembali menghubungi kandidat di lain waktu. Hal ini untuk memastikan kandidat benar-benar bisa datang menghadiri wawancara.

Umumnya, ada beberapa hal yang membuat kandidat tidak bisa menghadiri wawancara kerja. Di antaranya:

  • Jarak antara rumah dan kantor/lokasi wawancara yang jauh.
  • Ketidaksesuaian jadwal wawancara.
  • Kandidat tidak yakin dengan perusahaan yang dilamarnya.
  • Email yang tidak terbaca.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kandidat karyawan menghadiri wawancara kerja yang sudah dijadwalkan.

Persoalan Jarak antara Kantor dan Rumah Kandidat

Pastinya, tidak semua lamaran kerja dikirimkan oleh kandidat yang rumahnya berada di sekitar kantor. Kamu tentunya seringkali menerima CV atau surat lamaran yang dikirimkan dari lokasi yang jauh. Karenanya, kandidat juga harus menempuh jarak yang jauh jika ia diundang menghadiri wawancara kerja.

Untuk kandidat yang punya kendala jarak seperti ini, kamu bisa menetapkan jadwal wawancara yang lebih fleksibel. Semisal, lakukan wawancara di sore hari. Sehingga kandidat punya banyak waktu untuk menempuh perjalanan. Alternatif lainnya, kamu bisa melakukan wawancara kerja secara online.

Baca Juga: Dihubungi HRD Tapi Tidak Bisa Mengangkat HP? Bisa Jadwal Ulang Kok

Jadwal Wawancara yang Tidak Sesuai

Tidak jarang kandidat tidak bisa menghadiri wawancara kerja karena jadwal yang bentrok. Salah satu penyebabnya karena kandidat masih bekerja di perusahaan lamanya. Penyebab lainnya kandidat punya kesibukan lain.

Nah, untuk memastikan kandidat bisa menghadiri wawancara kerja, tidak ada salahnya untuk melakukan penjadwalan ulang. Carilah jadwal yang tepat sehingga kamu dan kandidat bisa punya kesesuaian waktu.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengirimkan reminder beberapa hari sebelum wawancara dilakukan. Hal ini untuk memastikan kandidat tidak melupakan jadwal wawancara akibat kesibukan pribadinya.

Kandidat Tidak Yakin dengan Perusahaan

Hal ini seringkali dialami oleh kandidat karyawan yang belum banyak mengenal perusahaan. Sebabnya bisa karena skala perusahaan yang masih kecil, atau karena perusahaan tidak banyak melakukan kegiatan publikasi.

Untuk memastikan kandidat menghadiri wawancara kerja, kamu bisa memberikan lebih banyak informasi pada iklan lowongan kerja. Selain itu, saat menghubungi kandidat untuk menghadiri wawancara, kamu juga bisa secara singkat memperkenalkan perusahaan. Jika perlu, kamu juga bisa mengirimkan informasi tambahan via email.

Email Tidak Terbaca, Bagaimana Memastikan Kandidat Bisa Menghadiri Wawancara?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan email tidak terbaca. Di antaranya:

  • Kandidat salah memberikan alamat email.
  • Kandidat melewatkan membaca email yang terkirim.
  • Email yang dikirimkan masuk ke folder spam.

Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya selain mengirimkan email, kamu juga melakukan panggilan telepon. Kamu juga bisa menghubungi kandidat lewat layanan pesan singkat. Sehingga, kandidat benar-benar mengetahui bahwa dirinya diundang untuk mengikuti wawancara kerja.

Jika kandidat karyawan potensial tidak bisa menghadiri wawancara kerja, tentunya akan terjadi penundaan. Semakin lama penundaan, semakin besar pula cost per hire yang harus ditanggung perusahaan. Nah, untuk menghindari hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa langkah diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here