Kembali Bekerja setelah Bisnis Gagal, Bagaimana Cara Merintis Karier Lagi?

Proses merintis bisnis memang tak selalu berjalan mulus. Tak sedikit bisnis yang terpaksa gulung tikar karena terhambat oleh berbagai faktor, misalnya keterbatasan modal atau gagal memenangkan persaingan. Kembali bekerja setelah bisnis gagal bukanlah hal buruk yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan hidup.

Meskipun terasa berat, bekerja setelah bisnis gagal harus tetap dijalani supaya kestabilan kondisi finansialmu tetap terjaga. Yuk, lakukan beberapa hal ini jika kamu berencana bekerja kembali dalam waktu dekat:

Memulihkan Kondisi Mental Terlebih Dahulu

Kondisi mental yang agak labil pasca kegagalan bisnis tentu membuat kamu tak bersemangat saat beraktivitas. Namun, hal tersebut tak boleh berlangsung lama kalau kamu ingin bekerja setelah bisnis gagal. Siapkan waktu untuk menenangkan diri sendiri, perbanyaklah momen me time supaya kamu lebih rileks.

Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk curhat dengan orang-orang terdekat atau berkonsultasi dengan psikolog. Jika kamu sudah merasa siap, maka kamu bisa segera mencari pekerjaan dan melanjutkan hidup.

Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris Selalu Memiliki 6 Komponen Ini, Sudah Tahu Belum?

Melakukan Update Curriculum Vitae (CV)

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan bila akan kembali bekerja setelah bisnis gagal adalah melakukan update CV. Karena CV adalah salah satu persiapan wajib ketika akan melamar pekerjaan. Tak ada salahnya jika kamu mencantumkan pengalaman bisnis pada CV.

Karena kegagalan bisnis pasti memberikan pelajaran yang berharga bagi kelangsungan kariermu. Selain itu, kamu juga dapat mencantumkan portofolio yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar.

Mengandalkan Diri Sendiri Saat Mencari Pekerjaan

Ketika harus kembali bekerja setelah bisnis gagal, kemungkinan besar rasa percaya dirimu belum sepenuhnya pulih. Oleh sebab itu, kamu harus mengandalkan diri sendiri saat mencari pekerjaan. Karena mencari pekerjaan melalui relasi kemungkinan besar akan membuat para kenalanmu bertanya-tanya.

Jadi, memang lebih lebih baik mencoba mencari pekerjaan secara mandiri. Saat ini banyak portal lowongan kerja dan media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk memperoleh pekerjaan sesuai keahlianmu.

Memelajari Kemampuan Baru

Jangan menganggap waktumu terbuang percuma karena kegagalan bisnis. Kamu harus lekas bangkit dan mempelajari berbagai kemampuan baru bila ingin bekerja setelah bisnis gagal, terutama kemampuan yang berkaitan dengan teknologi. Bila kamu punya kemampuan baru yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, peluang untuk memenangkan persaingan saat mencari kerja pun akan semakin besar.

Kini, kamu tahu kan kalau gagal berbisnis dan kembali bekerja bukanlah hal yang memalukan. Jangan terjebak dalam kegagalan bisnis sebab kamu mesti kembali berkompetisi demi melanjutkan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here