Kembali ke Kantor di Masa Pandemi, Apa yang Harus Disiapkan?

Kembali ke kantor menjadi opsi beberapa perusahaan di tengah pandemi yang belum selesai. Ibu kota Jakarta pun rasanya sudah mulai bersiap untuk menghadapi “new normal” ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa dilonggarkan. Pertanyaannya, benarkah kamu sudah siap untuk kembali beraktivitas di luar rumah untuk bekerja?

Banyak hal yang perlu kamu cermati sebelum memutuskan kembali ke kantor. Kamu harus mulai menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru pasca kehadiran pandemi COVID-19. Lalu, apa saja yang perlu kamu siapkan?

Siapkan Masker dan Perlengkapan Kebersihan Saat Kembali ke Kantor

Aturan untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar wajib kamu lakukan. Belum ada yang tahu seberapa cepat virus COVID-19 ini terus berkembang. Melindungi diri dengan menggunakan masker adalah salah satu jalan untuk menjaga imunitas dari serangan virus tersebut.

Selain itu, sediakan juga hand sanitizer serta sabun cuci tangan yang mudah dibawa saat bepergian. Pastikan perilaku mencuci tangan tetap kamu lakukan dan jangan lupa jaga kebersihan diri. Apalagi jika kamu banyak menggunakan fasilitas umum seperti alat transportasi.

Hindari Dinas ke Tempat Jauh selama Pandemi Masih Berlangsung

Beberapa agenda saat kembali ke kantor juga harus menyesuaikan situasi dan kondisi. Sebisa mungkin tunda kembali jadwal-jadwal perjalanan dinas, terutama yang jarak jauh. Ingat, bepergian ke luar kota atau luar negeri berpotensi membawa virus saat kamu kembali.

Taati aturan PSBB yang masih berlangsung sehingga memungkinkan kamu untuk membatalkan perjalanan dinas. Sampai pandemi COVID-19 benar-benar dinyatakan usai, barulah kamu bisa melakukan aktivitas dinas seperti biasa.

Baca Juga: Ini Dia Kriteria Karyawan Pasca Pandemi yang Wajib Kamu Penuhi

Jangan Terburu-Buru Kembali ke Kantor Saat Kondisi Badan Tidak Fit

Jika dulu kamu suka memaksakan diri bekerja saat sedang sakit, cobalah ubah kebiasaan itu mulai sekarang. Mulailah peka pada kondisi tubuhmu sendiri, terutama jika menunjukkan gejala flu, batuk, atau pun demam yang cukup parah. Istirahatkan badanmu di rumah daripada berpotensi membawa virus saat ke kantor.

Pilihlah untuk work from home (WFH) saat kondisi badanmu tidak fit. Beri pengertian kepada atasanmu untuk memberikan kebijakan tersebut saat kamu sedang sakit. Bukankah selama ini sistem kerja WFH juga sudah cukup lama diterapkan?

Mengatur Jarak Meja dan Kursi Wajib Dilakukan jika Kembali ke Kantor

Hal penting lainnya yang harus disiapkan adalah menata ulang posisi tempat bekerja di kantor. Ada baiknya jarak meja dan kursi antarkaryawan ditata sedemikian rupa hingga memiliki jarak cukup lebar. Cara ini sangat mendukung dan mewakili physical distancing guna mengurangi penyebaran virus.

Perusahaan sebaiknya mulai memikirkan cara ini sebelum mewajibkan karyawan masuk. Kebijakan semacam ini dapat mengurangi risiko tersebarnya virus akibat mulai masuk kerja normal. Karyawan pun harus cepat beradaptasi pada sistem dan cara kerja yang baru ini.

Cek deh, apakah kamu yakin sudah siap kembali ke kantor saat masa pandemi? Semoga pelonggaran PSBB tidak membuat kita tetap taat untuk jaga jarak dan bersiap menjalani “new normal” ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here