Yuk, Kembali Produktif setelah Liburan Panjang pakai Cara Ini!

Produktif setelah liburan bukan hal yang mudah dilakukan semua orang. Apalagi setelah Lebaran kemarin, kamu rasanya butuh liburan lebih lama ya. Sayangnya, mau tidak mau kamu harus menerima kalau liburan sudah usai dan waktunya bekerja lagi.

Ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar kembali produktif setelah liburan panjang kemarin. Waktunya kembali fokus ke pekerjaan nih!

Memulai Produktif setelah Liburan dengan Bangun Lebih Pagi

Selama liburan Lebaran kemarin, kamu mungkin sengaja bangun agak siang daripada hari-hari biasa. Hal ini wajar karena kamu butuh sedikit bersantai tanpa terburu-buru karena bekerja. Kebiasaan bersantai ini harus segera kamu tinggalkan saat sudah mulai bekerja kembali loh.

Kembalilah bangun pagi seperti biasa, bahkan sangat disarankan untuk lebih pagi. Suasana pagi yang masih segar membuat pikiranmu lebih tenang untuk memulai bekerja lagi. Kalau kamu masih bangun siang, bisa-bisa banyak pekerjaan yang terlantar karena tidak sempat kamu selesaikan.

Evaluasi Kembali Pekerjaan sebelum Liburan yang Belum Selesai

Sebelum mulai bekerja, coba cek kembali catatan pekerjaanmu sebelum liburan. Periksa dulu apakah ada pekerjaan yang tertunda karena liburan kemarin. Jika ada, prioritaskan untuk mengerjakan hal tertunda itu terlebih dahulu.

Setelah itu, buat catatan baru yang berisi pekerjaan apa saja yang harus kamu lakukan. Rencana bekerja ini dapat membantumu untuk membuat prioritas pekerjaan berikutnya. Saat nuansa libur panjang masih terasa, kamu butuh rambu-rambu bekerja agar bisa fokus dan produktif setelah liburan nih.

Baca Juga: Tips Menjaga Mood Kerja Saat Working From Home, Penting Dilakukan!

Agar Lebih Produktif setelah Liburan, Adakan Rapat dengan Seluruh Tim

Andai kamu adalah seorang atasan, buatlah rapat perdana dengan seluruh bawahanmu setelah liburan. Di tengah pandemi ini, kamu bisa mengadakan video conference. Bukan hanya untuk bersilaturahmi setelah Lebaran, manfaatkan momen ini untuk membangun semangat tim.

Bagilah tugas yang jelas kepada tiap anggota tim agar mereka juga langsung bisa produktif bekerja. Rutinlah mengecek pekerjaan mereka di awal hari bekerja ini. Saat kamu ikut turun tangan langsung di hari pertama, bawahanmu pun bisa merasakan pentingnya segera produktif meski liburan baru saja usai.

Tidak Menunda Pekerjaan Membantu Kamu Lebih Produktif setelah Liburan

Terakhir, jangan biasakan menunda pekerjaan dengan alasan masih malas. Harus diakui, mengenyahkan rasa malas selepas liburan panjang memang sulit. Namun, kamu tidak boleh terus-menerus menuruti kemalasan karena akan membuat pekerjaanmu hari berikutnya makin menumpuk.

Jadi, perlakukanlah hari pertama bekerja seperti hari-hari kerja sebelumnya. Tetapkan target dan tujuan yang jelas agar kamu lebih produktif. Lakukan apa yang bisa dilakukan sekarang daripada sengaja menundanya hanya karena malas atau belum mood.

Pastikan kamu tetap produktif setelah liburan agar pekerjaanmu berjalan lancar. Jangan terlalu lama terjebak dalam suasana liburan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here