Milenial, Tips Keuangan yang Ini Sebaiknya Kamu Abaikan Saja

Mengelola keuangan merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi, mengelola keuangan juga merupakan keharusan. Karenanya, semakin banyak saja orang yang membahas cara mengelola keuangan. Baik di media online maupun media sosial. Mereka juga memberikan tips dan nasehat keuangan bagi yang membutuhkan.

Informasi mengenai cara mengelola keuangan sangatlah diperlukan. Tapi informasi yang salah justru bisa membuat kondisi keuanganmu berantakan. Karenanya, tidak semua tips atau nasihat keuangan bisa dijalankan.

Berikut ini beberapa tips keuangan yang sebaiknya kamu abaikan jika ingin kondisi keuanganmu baik-baik saja.

Yang Penting Punya Tabungan

Menyisihkan uang untuk ditabung sudah selayaknya kamu lakukan. Tapi, sebaiknya jangan asal menabung. Tetapkan keperluan untuk masing-masing tabungan. Semisal, tabungan dana darurat, tabungan pendidikan anak, tabungan pensiun, dan lain-lain. Sehingga, kamu mudah memprioritaskan penggunaan uang untuk tabungan.

Selain itu, dengan menetapkan keperluan untuk masing-masing tabungan, kamu jadi lebih termotivasi dalam menyisihkan uang untuk ditabung.

Baca Juga: Tabungan Habis Tapi Utang Menumpuk, Apa yang Harus Dilakukan?

Tips Keuangan tentang Investasi

Mungkin kamu pernah mendengar nasihat yang berkata, “Investasi itu tidak penting, tabung saja uangnya di rekening terpisah”. Tips keuangan yang seperti ini sebaiknya kamu abaikan. Karena nilai uang yang berada di tabungan lama kelamaan akan menyusut karena inflasi.

Jika kamu bisa menyisihkan uang setelah menabung untuk berbagai keperluan, tidak ada salahnya untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, nilai uang tidak akan berkurang karena jumlahnya selalu bertambah. Jika karena alasan tertentu kamu belum bisa berinvestasi, setidaknya simpanlah uangmu dalam bentuk deposito.

Jangan Berutang

Tips keuangan lain yang sebaiknya kamu hindari adalah, “Jangan pernah berutang”. Berutang sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Asal kamu sudah memastikan bisa melunasinya dengan cara melakukan perhitungan sebelumnya.

Berutang membantumu untuk mendapatkan barang saat kamu belum memiliki uang untuk membayarnya secara penuh. Semisal, cicilan KPR, cicilan mobil, dan lain-lain. Manfaat barang tersebut tentu sudah bisa didapatkan meskipun kamu belum melunasinya.

Bayar Utang Dulu, Baru Menabung

“Sebelum utang lunas, jangan menabung”. Tips keuangan yang ini juga sebaiknya kamu abaikan. Menabung harus kamu lakukan kapan saja. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar uang yang kamu sisihkan untuk ditabung. Sekecil apapun jumlahnya, akan lebih baik jika ditabung dan bukan dibelanjakan.

Saat utang masih belum lunas, yang perlu dilakukan adalah melakukan prioritas dan penghematan belanja. Terpenting, jangan berutang sebelum utang yang lama dilunasi.

Jagalah kondisi keuanganmu dengan mengambil keputusan keuangan yang tepat. Melakukan hal-hal yang nampaknya benar tapi sebenarnya salah, justru bisa memperburuk kondisi keuanganmu. Baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here