Yuk, Kirim Thank You Note Setelah Melewati Sesi Wawancara Kerja!

Panggilan wawancara kerja adalah titik terang yang menunjukkan kalau selangkah lagi kamu akan mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya kemampuan kerja yang patut disiapkan menjelang wawancara kerja. Sebaiknya kamu juga mengirim thank you note setelah melewati sesi wawancara kerja.

Thank you note merupakan ucapan terima kasih yang ditujukan kepada tim rekruter pasca melakukan sesi wawancara kerja. Hal sederhana tersebut akan membuatmu terkesan profesional dan membuat peluang diterima kerja jadi semakin besar.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengirimkan Thank You Note?

Idealnya, thank you note dikirimkan satu hari setelah wawancara kerja. Kamu bisa mengirimkannya via email atau Whatsapp, tergantung dari media yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan jadwal wawancara kerja.

Ucapan terima kasih secara tertulis menunjukkan niat baikmu sebagai kandidat karyawan sehingga kamu dianggap lebih unggul dan berinisiatif di mata rekruter.

Baca Juga: Tips Membalas Email Panggilan Interview Kerja agar Terkesan Profesional

Bagaimana Format Ucapan Terima Kasih yang Tepat?

Format thank you note sederhana yang bisa kamu kirimkan kepada tim rekruter adalah sebagai berikut:

Kepada Yth. (nama dan jabatan rekruter yang mewawancaraimu),
Terima kasih atas kesempatan wawancara kerja yang saya terima. Sehingga saya berkesempatan menceritakan pengalaman dan ketertarikan saya terhadap (posisi lowongan kerja).

Terima kasih atas kesempatan wawancara kerja yang saya terima. Sehingga saya berkesempatan menceritakan pengalaman dan ketertarikan saya terhadap (posisi lowongan kerja).

Saya senang bisa mengenal (nama perusahaan) dan belajar banyak hal tentang (info tentang perusahaan yang diperoleh saat wawancara berlangsung).

Saya menanti kabar baik selanjutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Jangan Ragu Mengirimkan Follow Up Note

Selain thank you note, kamu juga bisa mengirimkan follow up note bila perusahaan tidak menghubungimu lebih dari 14 hari pasca wawancara kerja. Format follow up note yang dapat kamu gunakan yaitu:

Kepada Yth. (nama dan jabatan rekruter yang mewawancaraimu),

Bersama email ini saya hendak follow up wawancara kerja yang saya hadiri pada (tanggal) untuk (posisi lowongan kerja). Bila Bapak/ Ibu berkenan, mohon menginformasikan status terkini lowongan tersebut.

Saya senang sekali mendapat kesempatan wawancara kemarin dan belajar bagaimana (nama perusahaan) dapat (recall poin khusus yang kamu pelajari saat wawancara kerja).

Jangan sungkan menghubungi saya kembali apabila ada informasi atau dokumen lain yang harus saya lengkapi. Saya sangat menantikan kesempatan bekerja dan memberikan kontribusi di (nama perusahaan).

Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 Attitude yang baik selama proses melamar kerja berlangsung akan membuatmu dipertimbangkan sebagai kandidat karyawan prioritas. Jadi, kamu harus tampil menonjol dan terkesan profesional di mata perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here