Koreksi CV Kamu Selagi Pandemi Covid-19, Perhatikan Hal-Hal Ini Ya!

Koreksi CV sangat perlu dilakukan berkala meski kamu sudah memiliki pekerjaan. Kalau sewaktu-waktu kamu mendapat panggilan pekerjaan, setidaknya kamu sudah siap dengan bekal CV paling terbaru. Di tengah pandemi Covid-19 ini, tidak ada salahnya kamu ambil waktu untuk memerbaiki CV loh.

Apalagi untuk kamu yang juga tengah menanti panggilan kerja. Lakukan poin-poin penting berikut dalam melakukan koreksi CV.

Saat Koreksi CV, Perhatikan dan Update Kembali Deskripsi Pengalaman Kerjamu

Hal terpenting dalam CV yang harus selalu update adalah pengalaman kerja. Pastikan kamu mengurutkannya dari pekerjaan yang terakhir. Cek juga posisi atau jabatan yang kamu tempati, jangan sampai tidak sesuai dengan kondisi terkini.

Perhatikan penulisan deskripsi kerja dengan rinci dan ringkas. Tidak perlu menggunakan kalimat bertele-tele, yang penting jelas. Kalau perlu, masukkan beberapa prestasi yang pernah kamu raih dalam pekerjaanmu terdahulu.

Koreksi CV dengan Sedikit Mengubah Formatnya Menjadi Lebih Menarik

Penampilan CV mau tidak mau menjadi poin pertama yang diperhatikan HRD. Sebagus apa pun isi CV kamu, rasanya akan kurang menarik hati HRD kalau tampilannya biasa-biasa saja. Meski pekerjaanmu tidak ada hubungannya dengan bidang kreatif, tidak ada salahnya sedikit mempermanis CV agar sedap dipandang.

Sekarang sudah cukup banyak kok contoh CV kreatif yang bisa kamu jadikan patokan. Sebisa mungkin buatlah sebuah CV yang lengkap dan padat hanya dalam satu halaman. Ingat, jangan sampai membuat CV hingga lebih dari dua halaman ya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Terbaik Mencantumkan Keahlian Kamu dalam CV?

Perbaiki Juga Kesalahan Penulisan Kalimat Saat Koreksi CV

Ada HRD yang sangat detail dalam membaca CV. Kesalahan penulisan kalimat alias typo dapat menjadi poin negatif tersendiri loh. Jadi, periksa kembali semua tulisan yang tercantum dalam CV kamu, mulai dari awal hingga akhir.

Pergunakanlah kalimat yang efektif untuk menjelaskan bagian pengalaman kerja. Agar HRD tidak lelah membaca CV kamu, ada baiknya kamu membuat penjelas per poin. Untuk CV berbahasa Inggris juga wajib teliti dan detail dalam kepenulisannya karena memang lebih rumit.

Waspadai Juga Akun Media Sosial yang Tercantum di CV

Bagian koreksi CV yang wajib kamu waspadai adalah akun media sosialmu. Bijaklah untuk mencantumkan akun media sosial dalam CV karena sangat mungkin akan dicek oleh HRD. Kalau kamu ingin menjaga privacy, ada baiknya tidak semua akun media sosial kamu cantumkan.

Selain itu, pastikan konten-konten di media sosialmu tidak sembarangan ya. Sekarang ini sudah banyak HRD yang sengaja stalking calon kandidat lewat media sosial. Jangan sampai ya kepribadian aslimu justru muncul di media sosial dan membuat HRD urung merekrutmu.

Selagi punya cukup banyak waktu di tengah wabah Covid-19 ini, yuk luangkan diri untuk koreksi CV. Kapan lagi ada kesempatan untuk bisa update CV menjadi lebih baik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here