Tips Sederhana Lebaran di Rumah meski di Tengah Pandemi Covid-19

Lebaran di rumah sepertinya harus menjadi pilihan kita semua di tengah pandemi Covid-19 ini. Akibat tidak mudik, mungkin banyak juga di antara kamu yang terpaksa merasakan Lebaran jauh dari keluarga besar. Mau tidak mau, berlebaran dengan keluarga kecil atau sendirian pun harus disyukuri.

Berikut beberapa tips sederhana merayakan lebaran di rumah tanpa perlu pergi jauh-jauh. Sudah saatnya kamu memaknai hari kemenangan dengan penuh kesederhanaan nih.

Mengawali Lebaran di Rumah dengan Sholat Ied

Dikutip dari CNN, beberapa hari yang lalu MUI sudah memberi fatwa bagi umat muslim untuk menghindari sholat berjamaah dalam jumlah besar. Fatwa ini juga berlaku untuk sholat Ied di hari Lebaran nanti. Jadi, kamu masih bisa melakukan sholat Ied di rumah saja bersama anggota keluarga.

Kalau pun kamu adalah anak kos yang sendirian, kamu bisa melewatkan sholat Ied di kos. Meski tentu akan terasa berbeda dan sepi, kondisi seperti ini harus kamu lalui. Semoga Lebaran tahun depan kamu sudah bisa sholat Ied berjamaah seperti biasanya ya.

Membuat Dekorasi Kecil-Kecilan untuk Lebaran di Rumah

Untuk menyemarakkan suasana Lebaran, tidak ada salahnya kamu membuat dekorasi kecil-kecilan di rumah. Kamu bisa menghias rumah atau kos dengan hiasan berbentuk ketupat. Boleh saja Lebaran kali ini terasa sepi, tapi jangan sampai maknanya hilang dari hatimu.

Dekorasi kecil-kecilan dapat membantu mengusir rasa sepi bagi sebagian anak kos yang tidak bisa mudik. Setidaknya hari Lebaran akan terasa sedikit berbeda dari hari-hari biasa karena kamarmu lebih ramai. Kalau perlu ajak anak kos di tempatmu untuk merayakan Lebaran bersama di kamarmu.

Baca Juga: Hobi Makan Kue Kering Pas Lebaran? Ini Tipsnya agar Tetap Sehat

Menikmati Makanan Khas Lebaran dengan Sederhana

Agar Lebaran di rumah tetap menyenangkan, cobalah tetap menikmati hidangan khas Lebaran. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, kamu bisa mencoba memasak opor ayam dan ketupat dalam porsi kecil. Menikmati kebersamaan hidangan bersama pasangan dan anak cukup mengobati rindu akan rumah.

Bagi anak kos, kamu bisa memesan menu opor ayam sesuai kebutuhanmu. Meski rasanya mungkin tidak seenak masakan rumah, setidaknya nuansa Lebaran masih bisa kamu rasakan. Hadirkan suasana Lebaran tersendiri meski kamu sedang benar-benar jauh dari keluarga.

Mengobrol dan Mengisi Waktu Berkualitas dengan Keluarga Saat Lebaran di Rumah

Manfaatkan momen libur Lebaran untuk berbincang dengan keluarga. Mungkin selama ini kamu tidak punya banyak waktu untuk mengobrol dengan pasangan atau pun anak. Nah, inilah saat yang tepat untuk kamu menciptakan waktu berkualitas bersama mereka.

Anak kos pun bisa menjadikan momen Lebaran untuk tetap melepas rindu dengan keluarga. Gunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan keluarga. Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, setidaknya kerinduanmu bisa tersampaian lewat video call.

Nah, siapkah kamu untuk menikmati Lebaran di rumah? Jangan sampai pandemi Covid-19 membuat kamu bersedih hingga tidak bisa merayakan hari kemenangan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here