Tips Lolos Tahap Focus Group Discussion buat Para Fresh Graduate

Focus group discussion atau dikenal juga dengan FGD menjadi salah satu tahap rekrutmen yang diterapkan beberapa perusahaan. Di tahap ini, para kandidat akan dikumpulkan ke dalam beberapa kelompok dengan 10 hingga 20 anggota. Di tiap kelompok akan diberi masalah oleh HRD dan kelompok tersebut diminta mendiskusikannya dalam waktu tertentu, biasanya 15-20 menit.

Nah, banyak fresh graduate yang kerap gagal di tahap ini. Sebenarnya apa sih kunci utama sukses tahap focus group discussion ini? Simak ulasannya berikut ini!

Ingat, Focus Group Discussion Bukan Cuma Ajang Pamer Siapa Paling Vokal

Sebelumnya, kamu harus paham esensi dari tes di tahap ini. Meski bentuknya merupakan diskusi, bukan berarti orang yang paling vokal akan selalu lolos. HRD tidak semata-mata melihat siapa yang paling aktif saja kok.

Tujuan akhir dari tahap ini adalah menemukan solusi yang diberikan HRD melalui sebuah diskusi sehat. Jadi, jangan bangga dulu kalau kamu paling mahir berbicara. Terlalu banyak berargumen tanpa sebuah kesepakatan tentu akan menjadi catatan tersendiri bagi HRD.

Percaya Diri Itu Wajib, Biar Nggak Jadi Paling Pasif

Sukses di tahap focus group discussion kuncinya ada di rasa percaya diri. Sebisa mungkin utarakan pendapat meski mungkin kamu tidak sevokal yang lainnya. Kamu jelas tidak boleh pasif karena HRD bisa menilaimu tidak bisa bekerja dalam sebuah tim.

Bangun rasa percaya diri saat berpendapat. Percayalah, dalam diskusi ini tidak ada yang mutlak salah atau benar. Anggap saja ini sebagai media kamu belajar untuk melihat dunia kerja sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Agar Lolos Seleksi, Perlukah Berlatih Wawancara Kerja?

Analisa Masalah dengan Cermat Saat Kamu Ikut Focus Group Discussion

Namun, perhatikan pula untuk mencermati masalah sebelum berpendapat. Jangan terburu-buru ingin mengeluarkan ide atau gagasan tanpa benar-benar paham masalahnya. Memberikan waktu untuk berpikir tenang dapat membantumu mencetuskan gagasan yang lebih realistis dan relevan.

Tenang, tidak semua yang pandai bicara benar-benar memiliki gagasan yang berisi. Lebih baik luangkan waktu untuk berpikir daripada salah menyimpulkan sesuatu. Ketenangan dalam berdiskusi wajib kamu jaga ya.

HRD Biasanya Melihat Keterampilan Mengelola Emosi di Tahap Focus Group Discussion

Bukan hanya kecakapan dalam berpikir dan bekerja dalam tim. HRD juga menekankan kecerdasan emosional di tahap rekrutmen ini. Dari diskusi singkat ini, bisa kelihatan jelas loh mana orang yang mudah marah, susah menerima pendapat orang, dan lain-lain.

Nah, jaga hati kamu agar tidak mudah terpancing emosi saat ada kandidat yang bergesekan pendapat denganmu. Fokus untuk ingat tujuan dari tahap ini, yaitu untuk mencapai kesepakatan. Jangan sampai ribut sendiri di dalam kelompok yang sifatnya hanya sementara, bahkan dalam hitungan menit saja.

Semoga tips ini membantumu saat tes di tahap focus group discussion ya! Kuncinya tetap tenang dan berpikir jernih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here