Perhatikan Hal-Hal Penting Ini saat akan Makan Steamboat

makan steamboat
Sumber : Womens Weekly

Anda suka makan steamboat?

Steamboat adalah salah satu jenis hidangan berkuah yang istimewa. Biasanya menu tersebut disajikan pada perayaan istimewa seperti malam tahun baru atau Natal. Namun, Anda juga bisa menyantap steamboat pada hari-hari lainnya. Sajian makanan berkuah yang masih panas ini memang sangat menggugah selera. Anda pun bisa memilih bahan isiannya sesuai keinginan Anda.

Meskipun makan steamboat kerap diidentikkan dengan gaya hidup sehat, ternyata ada hal-hal penting lainnya yang mesti Anda perhatikan.

Jangan sampai menu steamboat favorit Anda jadi kurang sehat karena beberapa hal ini:

Asupan Lemak Terlalu Banyak dalam Kuah Steamboat

Sumber : We Cook at Home

Kaldu daging atau seafood memang penting untuk menghasilkan kuah steamboat yang gurih. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan bagian daging yang berlemak atau kepala udang. Karena kuah steamboat yang terlalu berlemak akan kurang nikmat dan memicu peningkatan kolesterol dalam darah. Gunakan irisan daging tanpa lemak dan badan udang untuk menghasilkan kuah steamboat yang lebih jernih dan sehat.

Baca Juga: Tak Melulu Tinggi Kalori, Ini 6 Alasan Bahwa Pizza Bisa Jadi Makanan Sehat

Kandungan Garamnya Berlebihan

Sumber : The Smart Local

Mungkin Anda dan keluarga sering makan steamboat yang kuahnya sangat gurih. Bahkan hingga cenderung asin. Sebenarnya asupan sodium bisa diperoleh dari bakso olahan, daging, dan jamur. Jadi, Anda tak perlu menambahkan banyak kaldu penyedap pada kuah steamboat. Air rebusan steamboat akan menjadi lebih gurih jika semua bahan-bahan steamboat sudah direbus bersamaan.

Tidak Banyak Sayur pada SteamboatĀ 

Sumber : Taste

Menu steamboat yang sehat harus memiliki kandungan gizi seimbang. Selain menyiapkan aneka daging, seafood, dan bakso, sebaiknya Anda juga menyiapkan beragam jenis sayuran. Ada banyak sekali sayuran yang cocok dijadikan menu pelengkap steamboat, misalnya sawi putih, kembang kol, brokoli, dan beragam jenis jamur.

Merebus Steamboat Terus-Menerus

Sumber : Chubby Cattle

Merebus steamboat terus-terusan ketika sudah mendidih tak akan membuat steamboat semakin sedap. Hal tersebut justru akan membuat sayuran dalam steamboat menjadi overcooked dan berubah warna. Di samping itu, merebus steamboat terlalu lama juga akan meningkatkan kandungan nitrit dan menyebabkan proteinnya mengalami koagulasi. Alangkah lebih baik jika Anda mematikan steamboat sejenak jika semua bahan-bahannya sudah matang. Nanti Anda bisa mendidihkannya lagi kalau kuah steamboat mulai dingin.

Tak masalah kalau selama ini Anda masih makan steamboat dengan cara yang keliru. Sekarang, cobalah makan steamboat dengan benar supaya kandungan gizinya semakin bermanfaat bagi Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini