Maksimalkan Potensi Diri, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Saat sedang reuni atau kumpul-kumpul bareng teman, tidak jarang obrolan yang dilakukan mengenai karier hidup masing-masing. Ada seorang teman yang punya karier menjualng tinggi dengan pendapatan yang besar. Mendengar hal tersebut, pasti membuat kamu ingin ikut memaksimalkan potensi diri, agar bisa lebih baik lagi seperti teman kamu itu, kan?

Setiap orang memiliki potensi diri masing-masing. Tidak ada orang bodoh, yang ada hanyalah orang malas, yang mengantarkan pada kebodohan yang diciptakannya sendiri. Jangan sampai kamu menjadi seperti itu, ketahui kapan waktu yang tepat kamu harus hengkang dari pekerjaan kamu sekarang. Untuk apa? Jelas untuk memaksimalkan potensi diri kamu sendiri.

Tentukan Tujuan atau Target

Set goals. Ya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan atau target kamu ke depannya. Contoh simpelnya, target gaji atau penghasilan baru yang ingin lebih besar. Jika gaji dirasa kurang cukup untuk memenuhi kehidupan kamu kini, saatnya hengkang dari tempat kamu kerja.

Meski demikian, tujuan tidak melulu soal uang atau gaji. Bisa juga tujuan untuk memiliki hidup yang lebih baik. Ingin punya rumah sendiri ke depannya, membalas budi orang tua, atau bahkan punya usaha sendiri.

Jangan Terpaku pada Rutinitas

Memiliki akitivitas pekerjaan rutin memang enak untuk dijalankan. Sudah ada waktu yang jelas dan terorganisir dengan baik. Bangun pagi, berangkat ke kantor, menyelesaikan deadline, bertemu teman kerja yang menyenangkan, hingga pulang ke rumah.

Baca Juga: Rutinitas Kerja Kantoran yang Mewarnai Hari Karyawan, Kamu Juga?

Rutinitas yang melulu seperti itu, bisa juga menjadi penghalang diri kamu untuk membuka potensi diri. Apalagi jika pekerjaan yang kamu lakukan tidak berkembang dan sudah kamu lakukan beberapa tahun. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru agar tidak terpaku pada rutinitas.

Pindah Kantor

Sudah mengatur target, mulai jenuh dengan rutinitas, tandanya kamu mesti cari pekerjaan baru. Tidak hanya kamu bisa negosiasi gaji yang lebih besar, pekerjaan baru di kantor baru akan mempertemukan kamu dengan orang-orang yang juga baru.

Sejatinya, orang yang pindah kantor pasti akan mendapat tanggung jawab kerja yang lebih besar. Hal ini akan membuat kamu mendorong diri sendiri, membuka potensi diri yang ada di dalam. Pekerjaan baru akan membuat kamu lebih fresh dan tertantang menghadapi rutinitas yang baru.

Bangun Relasi

Masih mencintai kantor lama, tapi ingin menemukan titik untuk membuka potensi diri kamu? Saatnya kamu bangun relasi yang lebih luas. Kamu bisa gabung dengan beberapa komunitas yang memberikan hal-hal positif. Bisa juga dengan mengikuti berbagai seminar, pelatihan, dan sebagainya.

Di tempat-tempat tersebut akan kamu temukan orang-orang penuh antusias yang juga ingin memperbaiki hidupnya menjadi lebih baik. Kenalan dengan orang baru di sana, bertukar pikiran dan ilmu yang dimiliki masing-masing.

Just Do It!

Terakhir, kamu hanya perlu melakukannya. Yakin untuk mencoba keluar dari zona nyaman. Memang nyaman, tapi jika tidak membuat kamu berkembang, apa gunanya? Namun perlu diperhatikan juga bahwa keluar dari zona nyaman bukan berarti “cari mati” dengan benar-benar mencari zona yang menegangkan.

Alih-alih menjadi lebih baik, kamu malah keteteran atau bahkan stress sendiri. Lakukan perubahan dengan keluar dari comfort zone secara perlahan. Biarkan tubuh beradaptasi, belajar, dan dengan sendirinya maksimalkan potensi diri.

Semua yang kamu lakukan, jika niatnya baik, pasti akan ada hasil yang baik pula. Jangan berhenti belajar dan terus yakin pada kemampuan diri sendiri. Karena jika bukan kamu sendiri yang yakin, siapa lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here