Ingin Mandiri Finansial di Usia 20-an? Ikuti Langkah Ini Ya!

Mandiri finansial menjadi impian para generasi milenial zaman sekarang, Bahkan, tidak sedikit pula generasi Z juga ingin merasakan kemandirian tersebut sejak dini. Sayangnya, perilaku konsumtif dan kurang melek finansial menjadi penyebab impian ini sulit tercapai.

Jika kamu ingin bisa mandiri finansial di usia 20-an, coba terapkan beberapa langkah mudah ini mulai dari sekarang. Simak ya!

Jika Ingin Mandiri Finansial, Tentukan Target “Mandiri” Versi Kamu Dulu

Sebelum ingin merasakan merdeka secara finansial, coba tanya dulu ke diri sendiri. Kemandirian seperti apa sih yang kamu idamkan di usia 20-an ini? Apakah sekadar memiliki tabungan, punya investasi, dana pensiun aman, atau justru ingin punya properti?

Target finansial tiap orang tentu berbeda-beda, jadi jangan pernah bandingkan keuanganmu dengan orang lain. Pahami dulu apa yang ingin kamu capai dan di titik mana kamu merasa lebih puas atau aman. Setelah tahu targetmu, barulah kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Perencanaan Keuangan Menjadi Kunci Penting dalam Mandiri Finansial

Impian memiliki finansial yang aman tentu butuh perencanaan yang tepat. Langkah pertama adalah mengelola gaji atau penghasilanmu. Buatlah pos-pos keuangan yang kamu butuhkan sesuai dengan target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Agar lebih terkontrol, buat juga rekening yang berbeda untuk tiap pos keuanganmu tersebut. Misalnya, kamu perlu pisahkan rekening untuk pengeluaran sehari-hari, menabung, investasi, dana darurat, hingga dana pensiun. Siapkan dulu pos-posnya dengan tepat ya.

Mulai Menabung dan Pastikan Memiliki Dana Darurat

Ciri orang yang sudah mandiri finansial adalah tidak merasa panik saat kondisi ekonomi mendadak sulit. Jadi, mulailah menabung sesuai dengan pos-pos yang kamu buat. Disiplinlah lakukan rencanamu, apalagi jika pos-pos tersebut sudah berada di rekening terpisah.

Dana darurat jelas wajib dimiliki untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga. Siapkan dana darurat sesuai kebutuhanmu, idealnya berkisar dari tiga hingga 12 kali pengeluaran bulananmu.

Baca Juga: Milenial, Jebakan Finansial Ini Sebaiknya Kamu Hindari

Mencari Peluang Memiliki Pendapatan Pasif untuk Membantumu Mandiri Finansial

Selain bekerja untuk mendapatkan penghasilan bulanan, pikirkan juga cara kreatif untuk mendapatkan pendapatan pasif. Bentuk yang biasa dipakai adalah saham atau reksadana. Untuk itu kamu perlu belajar lebih jauh mengenai investasi juga nih.

Andai kamu takut mengambil risiko tinggi dalam saham, mungkin kamu bisa mencoba membuka deposito dulu. Deposito memiliki risiko cukup rendah dibandingkan produk investasi yang lain.

Bijak dalam Mengelola Uang dan Waktu untuk Evaluasi Keuangan

Terakhir, mau tidak mau kamu harus disiplin untuk mengevaluasi keuangan setiap bulannya. Ini juga menjadi salah satu cara demi mendapatkan mandiri finansial loh. Pahami aliran dana yang keluar selama ini, sudahkah sesuai rencanamu atau justru boros.

Memang sih kamu butuh meluangkan waktu lebih untuk belajar merencanakan dan mengelola keuangan. Jadi, jangan gunakan semua waktumu untuk bekerja menghasilkan uang saja ya. Belajar keuangan juga perlu dilakukan.

Siapkah kamu mandiri finansial di usia 20-an? Pelan-pelan terapkan cara di atas dan jangan lupa disiplin diri dalam masalah keuangan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here