Ladies, Melakukan Double Cleansing Tiap Hari Penting, Lho! Ini Caranya

Semua orang, terutama kaum hawa tentu ingin memiliki kulit flawless tanpa noda. Untuk mencapainya, ada tren kecantikan dari Korea yang dapat membantumu. Tren ini diketahui sebagai metode tercepat untuk mendapatkan kulit bersih, halus, dan bercahaya, yaitu melakukan double cleansing.

Teknik cleansing ini menjanjikan kamu dapat memiliki kulit seperti yang diinginkan. Seperti apa tekniknya?

Apa Itu Double Cleansing?

Metode double cleansing adalah proses dua langkah untuk menghilangkan riasan atau makeup dan deep cleansing atau membersihkan kulit secara mendalam. Metode ini melibatkan penggunaan jenis produk tertentu dengan urutan tertentu, seperti 10 langkah perawatan rutin ala Korea.

Sebagai contoh, melakukan double cleansing untuk kulit berminyak melibatkan menggunakan dua jenis produk pembersih yang berbeda, yaitu oil-based cleanser dan water-based cleanser.

Berikut detail penjelasannya:

Pembersihan pertama

Langkah ini melibatkan ritual menghapus makeup di malam hari. Namun, kali ini menggunakan produk oil-based, seperti cleansing oil dan cleansing balm. Micellar water adalah pilihan favorit, terutama untuk menghapus makeup pada bagian mata.

Cleansing oil ini dapat menarik kotoran, sisa makeup, dan sebum berlebihan, serta membersihkan wajah dengan cepat. Ditambah lagi, kamu disarankan menggunakan kain flanel basah dengan air hangat untuk membersihkan kulit secara menyeluruh.

Pembersihkan kedua

Setelah membersihkan makeup, kamu masih perlu menggunakan nourishing cleanser. Gunakan produk yang dapat menenangkan dan ideal untuk jenis kulitmu. Saat mengaplikasikan, lakukanlah pijatan lembut secara menyeluruh, lalu cuci wajah hingga bersih.

Bagian terbaik dari proses yang kedua ini adalah kamu tidak diharuskan menggunakan kain hangat karena kamu tentu tidak ingin agar pori-pori kulit terbuka lagi. Langkah sederhana ini pun dapat memberi perbedaan nyata ketika kamu merawat kulit.

Baca Juga: Ladies, Ini Pentingnya untuk Rutin Membersihkan Wajah di Malam Hari

Tips Memilih Produk yang Tepat

Perlukah mencuci wajah secara berlebihan? Biarpun kulit perlu dibersihkan dua kali sehari, melakukan double cleansing tidak selalu diperlukan, terutama ketika kamu baru bangun di pagi hari. Yang dilakukan oleh water-based cleanser adalah untuk mempersiapkan kulit untuk menyerap krim siang dan pelembap.

Kamu dapat menghemat micellar water untuk dipakai di malam hari. Melakukan over-cleansing hanya akan memicu kulit kering, iritasi, dan sensitif. Pembersih yang ideal seharusnya bebas sulfat dan menghindari pengelupasan kulit dari minyak alami. Dan yang sangat penting adalah untuk tidak menggosok kulit terlalu keras karena hal ini bisa memicu iritasi.

Bila kamu berpikir mencuci wajah secara berlebihan, ada baiknya untuk mengganti cleanser kamu. Kamu perlu memilih cleanser yang dapat menyeimbangkan kulit kembali. Iritasi dapat terjadi ketika sesuatu seperti sabun batangan digunakan karena dapat mengganggu penghalang kulit dan mantel asam.

Solusinya adalah dengan menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit, terlepas apakah kamu melakukan double cleansing atau tidak. Karena saat penghalang kulit sedang diperbaiki, sensitifitasnya pun akan dapat teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here