Tips Melamar Pekerjaan saat Belum Punya Pengalaman Kerja

Suka nggak pede melamar pekerjaan karena belum punya pengalaman kerja? Tenang, banyak juga kok fresh graduate yang seperti kamu. Kalau kamu belum punya pengalaman kerja, ada tips tersendiri dalam memasukkan lamaran ke perusahaan yang kamu tuju. Berikut tips singkatnya!

Melamar Pekerjaan yang Sesuai Kualifikasi

Hal penting yang perlu kamu pegang adalah sesuaikan pekerjaan yang kamu lamar dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Tidak ada yang salah kalau kamu ingin bekerja di luar jurusan kuliahmu, tetapi perhatikan juga apakah kamu sudah punya cukup pengalaman di bidang tersebut. Bagaimana pun juga, jarang ada perusahaan yang sembarangan merekrut karyawan tanpa melihat pendidikan dan kemampuan.

Usahakan penuhi kualifikasi yang ditentukan dalam lowongan pekerjaan. Ingat, sesekali kamu harus mengelola ego kalau memang belum punya pengalaman apa pun. Anggap saja pekerjaan pertama kamu menjadi loncatan untuk karier impian kamu kelak.

Bangun Ketrampilan dan Kemampuan yang Menarik Perhatian Rekruiter

Kalau pun kamu benar-benar ingin bekerja di bidang yang benar-benar baru dan di luar pendidikanmu selama kuliah, maka lakukan persiapan. Ikuti kursus atau bergabung ke komunitas yang mendukung bidang kesukaanmu tersebut. Libatkan diri di berbagai kegiatan agar soft skill kamu makin terasah.

Setelah kamu merasa bekalmu sudah cukup, baru deh kamu coba melamar pekerjaan. Tuliskan pengalaman dan kemampuanmu di bidang tersebut agar rekruiter lebih tertarik. Sehingga rekruiter dapat  melihat potensi kamu meski belum punya pengalaman kerja.

Baca Juga: Terapkan! 3 Cara Pamer Skill Saat Interview Agar Lolos di Mata Rekruter

Pengalaman Organisasi Sangat Membantu Kamu yang Belum Punya Pengalaman Kerja

Buat para aktivis kampus, jangan lupa mencantumkan pengalaman organisasi kamu dalam CV. Ceritakan bagaimana dulu kamu berada di organisasi, apa saja yang kamu lakukan, dan pencapaian apa yang pernah kamu raih. Ini bisa menjadi nilai plus yang akan dicatat oleh rekruiter.

Jadi, selagi masih muda, galilah potensi kamu sebaik-baiknya. Apalagi sekarang kampus menjadi wadah yang baik untuk anak-anak muda berkembang. Ingat, nilai bagus saja tidak cukup karena kebanyakan perusahaan sekarang mengutamakan soft skill juga.

Aktif dalam Grup Pencari Kerja, Siapa Tahu Ada Lowongan yang Pas

Bangun juga komunikasi dengan beberapa teman yang kebetulan juga tengah mencari kerja. Jangan jadikan status “pengangguran” menjadi kesedihan. Saling berbagi informasi menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pekerjaan.

Biasanya di grup tersebut juga bisa mengasah ketrampilan untuk membangun kemampuan meski belum punya pengalama  kerja. Siapa tahu loh pekerjaan yang akan kamu dapat bukan dari lowongan yang tersebar di internet. Info-info dari sesama rekan di sana bisa jadi menjadi jodoh kariermu.

Nah, kini kamu tak perlu galau lagi untuk melamar pekerjaan meski belum punya pengalaman kerja. Segera bangkit dan semangat untuk meraih karier impianmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here