Pernah Ditolak Perusahaan, Idealkah Mencoba Melamar Kerja Kembali?

Saat pernah ditolak suatu perusahaan, apakah pelamar kerja masih boleh melamar di perusahaan tersebut? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak pencari kerja. Terutama bagi mereka yang mengincar satu perusahaan tertentu dan ingin sekali bekerja di sana.

Proses rekrutmen sendiri sebenarnya cukup panjang, mulai dari seleksi CV, tes, hingga wawancara. Jika pelamar kerja pernah ditolak perusahaan di tahap wawancara, masih adakah kemungkinan dipanggil lagi di lain waktu? Berikut penjelasan singkatnya.

Tidak Ada Salahnya Mencoba Lagi

Sebenarnya tidak ada aturan pasti mengenai hal ini. Kecuali jika pelamar kerja punya rekam jejak kurang baik dan masuk daftar black list perusahaan. Jadi, sebenarnya masih ada kesempatan bagi pelamar kerja meski pernah ditolak perusahaan.

Namun, tentunya pelamar kerja semestinya mempersiapkan diri lebih baik. Terlebih medan dari proses rekrutmen pun sebenarnya sudah pernah dilalui. Perusahaan sendiri biasanya masih membuka pintu lebar-lebar bagi pelamar kerja yang pernah gagal.

Persiapkan Cover Letter Menarik

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah menulis cover letter. Pastikan dokumen ini ditulis dengan menarik karena inilah langkah awal lolos dari proses seleksi. Bila perlu, tuliskan pengalaman rekrutmen sebelumnya agar perusahaan memberikan perhatian lebih.

Berikan juga ucapan terima kasih karena sudah diberi kesempatan mengikuti seleksi sebelumnya. Meski pernah ditolak perusahaan tersebut, tunjukkan keseriusan dan keinginan bekerja di sana.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 7 Fungsi Cover Letter untuk Mendukung Lamaran Kerja!

Bekali dengan Kemampuan Lebih Mumpuni

Sambil menanti kesempatan melamar kerja kembali, pelamar kerja sebaiknya membekali diri dengan kemampuan lebih baik. Pengalaman gagal di proses seleksi sebelumnya tentu memberikan banyak pelajaran. Gali kemampuan lain agar lebih siap di seleksi berikutnya.

Meski pernah ditolak perusahaan, bukan berarti kesempatan lekas tertutup. Andai pelamar kerja kembali dengan kemampuan lebih banyak, tentu perusahaan bisa lebih tertarik. Itu sebabnya, sangat penting mengembangkan diri jika benar-benar ingin masuk ke perusahaan incaran.

Perbaiki Kesalahan Sebelumnya

Banyak kegagalan muncul di tahap wawancara. Jika memang tahap ini menjadi sandungan sebelumnya, maka perbaiki kesalahan di situ. Tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan, tapi segera pelajari kekurangan apa yang bisa diperbaiki.

Pelamar kerja yang mencoba mendaftar lagi di perusahaan sama biasanya memiliki rasa percaya diri lebih tinggi. Pasalnya, medan dan suasana proses rekrutmen sudah tak lagi asing. Manfaatkan hal ini sebagai energi untuk memompa keyakinan agar bisa diterima di kesempatan kedua.

Jadi, tidak ada larangan melamar di perusahaan meski pernah ditolak sebelumnya. Selama masih ada lowongan baru, ambil kesempatan tersebut untuk meraih karier impian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here