Tips Memasak Nasi di Magic Com dengan Benar. Bye Nasi Lembek!

Memasak nasi menjadi rutinitas wajib bagi perempuan. Kini, memasak nasi bukanlah hal yang merepetokan karena sudah ada magic com. Namun, tidak jarang juga hasil yang didapatkan tidak sesuai keinginan, entah terlalu kering hingga lembek. Apakah kamu sering mendapati nasi yang kamu buat terlalu lembek? Memasak nasi di magic com bisa dibilang mudah, tetapi sulit mendapatkan nasi yang pulen dan enak.

Oleh sebab itu, kamu wajib banget nih mengetahui tips memasak nasi di magic com dengan benar. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat nasi lebih enak dengan magic com. Simak ya!

Sebelum Memasak Nasi di Magic Com, Pahami Jenis Beras Sebelum Memasak

Kamu perlu paham jika setiap jenis beras memiliki takaran air yang berbeda-beda. Ada beras yang hanya butuh takaran air sedikit, tetapi ada juga yang justru memerlukan takaran air lebih banyak. Ada baiknya kamu mencoba memasak beras dengan takaran kecil terlebih dahulu untuk bisa memastikan takaran air yang dibutuhkan.

Jika kamu sudah menemukan formula air yang pas untuk beras dengan takaran kecil, kamu baru bisa memasak nasi dengan takaran lebih besar. Selain itu, beberapa merk beras yang dijual di supermarket biasanya dilengkapi dengan panduan memasak beras pada labelnya. Pastikan kamu memerhatikan label tersebut juga ya!

Pastikan Beras Benar-Benar Kering Setelah Dicuci

Kamu harus mencuci beras sebelum memasaknya. Pastikan kamu meniriskan air setelah mencuci beras ya. Jika kamu tidak meniriskan air hingga kering, sisa air cucian yang masih ada pada beras hanya akan menambah takaran air yang akan kamu pakai.

Baca: Stop Mencuci 5 Bahan Masakan Ini Sebelum Dimasak!

Jumlah air yang terlalu banyak bisa membuat nasi menjadi lembek saat memasak nasi di magic com. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan saringan khusus setelah mencuci beras.

Pakai Pedoman 1:2 Saat Memasak Nasi di Magic Com

Perbandingan yang dipakai saat memasak nasi biasanya adalah 1:2. Maksudnya, untuk satu gelas beras dibutuhkan dua gelas air. Dengan menggunakan perbandingan ini, nasi yang kamu masak akan pulen dan pastinya enak.

Namun, kamu tetap perlu jenis beras yang dipakai ya. Sebelum memasak dengan porsi besar, cobalah perbandingan 1:2 ini untuk takaran kecil. Jika nasi yang dihasil masih lembek, berarti kamu perlu melakukan adjust air kembali.

Dilarang Membuka Tutup Magic Com Saat Nasi Belum Matang

Apakah kamu memiliki kebiasaan sering membuka tutup magic com saat memasak nasi? Ternyata kebiasaan ini hanya akan membuat nasi yang kamu masak menjadi hancur. Jadi, jangan buka tutupnya ketika masih memasak nasi di magic com ya!

Magic com didesain untuk memasak nasi secara otomatis sampai benar-benar matang. Selain itu, tunggulah selama 10-15 menit setelah nasi matang untuk membuka tutup magic com agar nasi yang dihasilkan benar-benar matang dan tidak lembek.

Jangan Memasak Nasi Merah dan Nasi Putih Secara Bersamaan

Kalau kamu gemar memakan campuran nasi merah dan nasi putih, jangan masak kedua jenis beras tersebut secara bersamaan. Tekstur beras putih dan beras merah tentu berbeda sehingga butuh takaran air yang berbeda pula. Jika kamu memasak kedua jenis beras tersebut secara bersamaan, bisa dipastikan nasi putih yang dihasilkan menjadi lembek. Jadi, pisahkan beras putih dan beras merah saat memasaknya ya!

Wah, ternyata memasak nasi di magic membutuhkan beberapa perhatian khusus ya. Meski tampak sepele, beberapa tips tadi penting untuk kamu lakukan jika ingin mendapatkan hasil nasi yang enak dan pulen. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here