Milenial, Ini Pentingnya Bahas Keuangan Sebelum Menikah ke Pasangan

Generasi milenial sudah saatnya bisa melek masalah keuangan. Bukan hanya tentang menabung dan investasi, melainkan juga menyiapkan keuangan untuk berumah tangga. Persiapan keuangan sebelum menikah sangat penting karena akan banyak masalah ekonomi muncul selepas menikah. Jadi, ada baiknya disiapkan sejak dini bukan?

Selain itu, perihal keuangan ini sangat perlu dibahas bersama pasangan sejak jauh-jauh hari. Kalau kamu masih menganggap ini sebagai hal tabu, coba deh sejenak membaca ulasan ini. Berikut ini beberapa alasan pentingnya membahas keuangan sebelum menikah ke pasangan.

Keterbukaan Mengenai Gaji Masing-Masing untuk Menghindari Konflik

Jangan dikira hidup berumah tangga itu hanya sebatas menyatukan dua orang yang saling mencinta. Masalah ekonomi dianggap sebagai salah satu faktor penentu langgeng tidaknya suatu rumah tangga. Oleh sebab itu, dibutuhkan keterbukaan mengenai masalah gaji sejak sebelum menikah.

Kamu tidak perlu merasa minder jika pada akhirnya gajimu mungkin lebih rendah. Tujuannya bukan untuk melihat siapa yang bisa menghasilkan uang lebih banyak, melainkan bagaimana nanti bersama-sama mengelola keuangan saat menikah. Ingat, penting membahas keuangan sebelum menikah ya!

Baca Juga: Keuangan Keluarga Muda: 5 Pertanyaan Sebelum Kamu Menikah

Membahas Keuangan Sebelum Menikah Penting untuk Menentukan Alokasi Pembiayaan

Setelah mengetahui gaji masing-masing, langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mengetahui alokasi atau pos-pos pembiayaan dari masing-masing orang. Kamu dan pasanganmu perlu tahu nih, uang gajimu mengalir untuk apa saja. Misalnya, tabungan, investasi, cicilan, dan lain-lain.

Dengan memahami alokasi pembiayaan sedari awal, setidaknya kamu dan pasangan sudah memiliki bayangan akan kebutuhan bersama saat berumah tangga kelak.

Kalian juga mendiskusikan sedari awal pengeluaran apa saja yang sekiranya bisa ditekan atau dikurangi jika nanti sudah berumah tangga. Dengan saling memahami kebutuhan masing-masing, niscaya tidak akan timbul konflik tentang ekonomi saat menikah nanti.

Pentingnya Kesepakatan Tabungan Bersama atau Masing-Masing

Hal ini juga penting dibahas sebelum menikah. Setelah memastikan keuangan sebelum menikah aman, kalian perlu berdiskusi mengenai pengelolaan keuangan. Apakah kalian lebih memilih untuk memiliki tabungan bersama atau tetap berpegang memiliki tabugan pribadi? Jangan sampai kamu melewatkan membahas ini karena masalah ini kadang cukup sensitif.

Setiap pilihan pasti ada keuntungan dan risiko masing-masing. Entah mau memiliki tabungan bersama atau pribadi, pastikan pos-pos keuangan bersama untuk hidup sehari-hari bisa terpenuhi. Saling mengingatkan pasangan untuk mengontrol pengeluaran juga perlu dilakukan.

Tabungan Darurat Juga Perlu Dibahas dalam Keuangan Sebelum Menikah

Baik memiliki tabungan pribadi maupun bersama, kamu dan pasangan juga perlu membahas tentang tabungan darurat bersama. Buat saja kesepakatan menyisihkan dana untuk ditabung bersama di pos tabungan darurat. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Itulah pentingnya mempersiapkannya sedini mungkin.

Selain itu, baik kamu maupun pasangan kamu harus benar-benar paham akan pentingnya tabungan darurat ini. Jangan sampai salah satu pihak merasa keberatan ketika harus menyisihkan dana untuk pos ini. Pengetahuan tentang finansial saat menikah dapat membantu pasangan muda dalam mempersiapkan hal ini.

Nah, setuju nggak kalau sangat penting membahas keuangan sebelum menikah? Cobalah untuk open minded demi menghindari risiko-risiko yang akan muncul saat menikah kelak. Terbuka masalah keuangan dapat membantu pasangan menjadi lebih cerdas dalam hal ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here