Founder Terampil.com Beberkan Kesalahan Saat Bangun Bisnis Startup

Amrullah Azmy, Founder dan CEO Terampil.com. (FOTO: dok. pribadi)

Bisnis startup semakin populer dengan potensinya yang besar untuk meraih keuntungan. Ranah bisnis panas ini pun banyak dilirik oleh pebisnis muda dari kaum milenial. Kamu juga tertarik membangun bisnis startup? Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar bisnis startup kamu sukses. Yuk, belajar dari pengalaman membangun bisnis startup yang dilakukan Amrullah Azmy, Founder dan CEO Terampil.com.

Amrullah membeberkan pengalaman jatuh bangunnya membangun Terampil.com dalam webinar “The Ups and Downs of Building Startup” yang diselenggarakan oleh Agile Circles Indonesia dan didukung oleh Job-Like, beberapa waktu silam. Untuk membangun bisnis startup, Amrullah menegaskan pentingnya menemukan permasalahan besar yang tengah dihadapi masyarakat. 

Setelah menemukan permasalahannya, tahap selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar ini akan menentukan apakah masyarakat luas membutuhkan solusi untuk permasalahan tersebut atau tidak. Proses ini penting karena startup hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan atau kebutuhan publik. Tingginya kebutuhan masyarakat akan solusi yang ditawarkan menjadi metrik kesuksesan bisnis startup.

Baca Juga: Membangun Startup Butuh 3 Posisi Vital Ini, dan Ini Tips untuk Pitch Deck

“Ketika ingin membangun startup, ketahui dulu permasalahannya. Lalu lakukan riset mengenai market size di Indonesia, atau bahkan di dunia. Startup akan besar ketika mengikuti seberapa besar masalah yang akan diselesaikan. Itu juga yang akan menentukan sebesar besar bisnis ini ke depannya,” bilang Amrullah. 

Amrullah sendiri membangun Terampil.com untuk memberikan solusi permasalahan pendidikan di Indonesia. Ia menyadari masih minimnya kemampuan para pekerja Indonesia karena beberapa faktor, seperti minimnya akses pelatihan kemampuan, mahalnya biaya pelatihan, hingga ketidakmampuan individu untuk menyadari skill yang dibutuhkan dalam pekerjaannya. 

Mengangkat permasalahan tersebut, Amrullah mempresentasikan rencana bisnis Terampil.com pada Startup Turkey Demo Day 2019. Rencana bisnis Terampil.com terpilih sebagai 100 startup terbaik dari 130.000 peserta dengan memberikan solusi platform untuk pelatihan skill yang bisa diakses dimanapun dan kapan pun.

Baca Juga: Mengintip DevOps di Amazon, Apa Sih Pentingnya Budaya DevOps?

“Saya melihat lebih dari setengah pekerja formal di Indonesia tidak memiliki skill yang cukup. Belum lagi pekerja informal. Saya ingin membantu terbentuknya skilled people di Indonesia. Solusinya dengan online training platform,” ujar Amrullah.

“Tapi, awal perjalanan saya tidak mulus. Saya punya permasalahan dan solusinya, tapi ketika itu saya tidak punya tim in-house. Proses pembuatan demo dilakukan oleh developer freelance, dan saya melakukan kesalahan dengan tidak memonitor pekerjaan mereka setiap hari. Akhirnya, jelang keberangkatan ke Turki, demo belum jadi. Tapi, saya tetap berangkat dan presentasi saya menembus 100 terbaik,” tambahnya.

“Kesalahan awal saya ketika membangun startup adalah tidak melakukan monitor. Saya juga tidak punya rekan kerja spesialisasi teknologi. Saran saya, bila mau membangun startup, temukan CTO yang tepat. Lalu, setelah ada solusi dan tim terkumpul, persiapkan strategi marketing sebelum produk diluncurkan. Tanpa perencanaan, kamu merencanakan kegagalan,” imbuhnya.

Strategi marketing ini penting untuk memastikan apakah solusi produk atau servis yang ditawarkan bisnis startup akan mendapatkan respon dari publik. Amrullah menyarankan untuk menjalankan strategi ini dengan riset psychological anchor setidaknya tiga bulan sebelum peluncuran produk. 

Selain itu, tentukan juga kanal marketing untuk mempromosikan produk. Misalnya, promosi melalui kanal digital seperti sosial media, media massa online, email blast, iklan online berbayar; atau kanal konvensional seperti melalui komunitas dan kegiatan kerja sama dengan co-working space ataupun universitas. 

Jadi, sudah siapkah kamu membangun bisnis startup?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here