Tips Membangun Brand Community agar Bisnismu Makin Kuat

Membangun brand community dapat menjadi salah satu strategi memperkuat bisnis. Sebuah brand yang sudah punya komunitas tersendiri biasanya sukses dalam proses branding. Oleh sebab itu, perusahaan hendaknya tidak menyepelekan keberadaan komunitas ini.

Tentu butuh perhatian khusus dalam membangun brand community. Tanpa manajemen atau sistem yang baik, bisa-bisa keberadaan komunitas sia-sia saja. Berikut beberapa langkah jitu untuk menjaga komunitas tetap kuat dan solid.

Memilih Platform yang Tepat Sasaran

Bagaimana cara anggota komunitas mudah berkomunikasi? Perusahaan pastinya akan memfasilitasi hal tersebut dengan menggunakan media sosial. Pertanyaan berikutnya, media sosial apa yang tepat untuk membangun brand community?

Tentunya hal ini harus didasarkan pada target pasar dari komunitas tersebut. Belakangan ini platform seperti Twitter dan Instagram jauh lebih disukai daripada Facebook. Namun, semuanya kembali lagi pada riset dan target dari brand tersebut juga ya.

Berikan Newsletter secara Rutin

Pemberian newsletter rutin lewat email sangat membantu keterikatan hubungan antara brand dan komunitas. Buat jadwal rutin dalam mengirimkan newsletter, misalnya satu minggu sekali. Isi dari newsletter sendiri bisa beragam, mulai dari kabar brand, tips, acara komunitas, dan lain-lain.

Interaksi positif ini biasanya dapat membangun loyalitas tiap-tiap anggota komunitas. Jadi, perusahaan juga harus mengoptimalkan penggunaan newsletter ini untuk membangun brand community.

Baca Juga: Jangan Ragu Melakukan Career Pivot Bila Jenuh dengan Pekerjaan Lama!

Paparkan Keunggulan Bisnis

Ingat, membangun brand community juga sekaligus harus dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Manfaatkan beberapa momen pertemuan para anggota komunitas untuk memaparkan keunggulan bisnis. Jadi, secara tidak langsung perusahaan juga bisa melakukan soft selling di sini.

Saat anggota komunitas makin mencintai produk, tentu lebih mudah bagi mereka untuk loyal. Dengan begitu, perusahaan otomatis mendapat target pasar yang tepat melalui komunitas ini.

Jadwalkan Acara Meet Up, baik Online maupun Offline

Interaksi di media sosial memang cukup kuat menggaet kekompakan para anggota komunitas. Tapi, jangan lupakan untuk adakan acara meet up alias kopdar juga. Di masa pandemi begini, paling aman bisa menggunakan meet up offline.

Hadirkan beberapa wakil dari perusahaan untuk ikut bergabung di acara komunitas tersebut. Jika perlu, datangkan juga narasumber yang relevan buat mendukung acara. Acara meet up sendiri bisa dijadwalkan sebulan sekali, baik oleh perusahaan maupun komunitas sendiri.

Perkuat dan fokus membandun brand community dapat membantu bisnis makin lancar. Semakin banyak pelanggan loyal, semakin besar pula dampak positifnya bagi perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here