Yuk, Membangun Brand Enthusiasm agar Omzet Bisnis Kian Melesat!

Semua sektor bisnis pasti ingin omzetnya kian melesat seiring berjalannya waktu. Keinginan tersebut memang tak mudah dicapai tetapi bukan berarti mustahil. Selain mengandalkan kesetiaan pelanggan, suatu bisnis juga harus mewujudkan brand enthusiasm di kalangan pelanggannya.

Istilah brand enthusiasm memang masih asing bagi sebagian besar orang. Namun, sebenarnya implementasi konsep tersebut telah berhasil dilakukan sejumlah brand populer di dunia.

Sebenarnya Apa Sih yang Dimaksud dengan Brand Enthusiasm?

Brand enthusiasm adalah kecenderungan masyarakat untuk membeli produk berulang-ulang secara relevan dan tidak segan merekomendasikan produk tersebut kepada orang-orang terdekat.

Peran brand enthusiasm lebih penting dari sekadar brand loyalty karena tidak semua bisnis dapat mencapai kondisi tersebut.

Baca Juga: Digital Branding: Cara Efektif nan Modern untuk Mempopulerkan Bisnis

Contoh Brand yang Berhasil Menggugah Antusiasme Masyarakat

Beberapa brand yang terbukti mampu mewujudkan brand enthusiasm, antara lain:

  • Apple: Brand raksasa yang satu ini memiliki penggemar setia di berbagai penjuru dunia. Para penggemar Apple tak segan mengantre lama dan merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan produk Apple. Hal tersebut membuat Apple dikenal sebagai brand yang eksklusif dan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.
  • Starbucks: Meskipun banyak kedai kopi bermunculan, Starbucks tetap memiliki penikmat tersendiri. Hingga kini, Starbucks juga tak pernah berhenti berinovasi menghadirkan menu-menu premium bagi para pelanggan setianya. Itulah sebabnya, Starbucks selalu berusaha up to date dan mengembangkan bisnis yang berorientasi kepada pelanggan.
  • Sorex: Hingga kini, Sorex berhasil mendominasi pasar pakaian dalam wanita di tanah air. Produk Sorex identik dengan harga yang cukup terjangkau tetapi memiliki kualitas baik. Tak mengherankan bila Sorex menjadi prioritas kaum hawa saat hendak membeli pakaian dalam.

Tips Membangun Antusiasme Masyarakat terhadap Suatu Brand

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun brand enthusiasm adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan value yang kuat dan punya ciri khas sehingga masyarakat tidak dapat menemukan keunikan tersebut pada brand lainnya.
  • Senantiasa berinovasi mengikuti perkembangan zaman, misalnya brand smartphone fokus mengembangkan teknologi terbaru atau brand bisnis kuliner beradaptasi dengan tren dan kebutuhan masyarakat modern.
  • Memberikan apresiasi (reward) kepada pelanggan setia, misalnya voucher diskon, bundling produk dengan harga yang lebih murah, atau cashback.
  • Menciptakan brand experience yang menyenangkan dan tak terlupakan agar para pelanggan tergugah membagikan pengalaman tersebut kepada orang-orang terdekat.

Mewujudkan brand enthusiasm bukanlah hal mustahil melalui personal branding bisnis yang unik dan peka terhadap kebutuhan masyarakat. Sekarang, giliran kamu merintis brand besar yang siap jadi market leader di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here