Ingin Membangun Sebuah Bisnis yang Menjanjikan? Ini Tips Jitunya!

membangun sebuah bisnis
sumber: tommcifle

Membangun sebuah bisnis merupakan hal yang banyak dipertimbangkan oleh banyak orang. Tapi sayangnya, banyak orang yang masih kebingungan untuk membangun sebuah bisnis. Biasanya, pertanyaan besar bagi setiap orang yang ingin membangun sebuah bisnis adalah, “Bisnis seperti apa yang harus saya bangun?”. Pertanyaan besar ini kerap menghantui dan membuat seseorang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membangun bisnis. Oleh karena itu, Job-Like akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan ketika sudah mantap ingin membangun sebuah bisnis. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut.

5 Tips untuk Membangun Sebuah Bisnis

1. Jangan Muluk-Muluk dan Tentukan Jenis Bisnis Anda

mengubah karier
Sumber: intisari-online

Bisnis seperti mendirikan sebuah pom bensin, serta membeli franchise merek dagang terkenal adalah tingkatan bisnis kelas atas yang bisa dikatakan sebagai hal yang sangat muluk-muluk. Jadi, Anda bisa membuka bisnis kecil-kecilan yang sekiranya bisa mendatangkan untung yang cukup signifikan. Lalu, bisnis seperti apa yang kira-kira cocok untuk didirikan? Anda bisa menilik bisnis makanan atau kedai kopi yang saat ini sedang marak digandrungi oleh orang-orang. Jika Anda memiliki ide lain, Anda juga bisa mempertimbangkannya.

Baca Juga: Ingin Sukses Bisnis Kuliner? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini Yuk!

2. Tentukan Konsep yang Menarik

pemimpin yang inspiratif

Saat ini bisnis kedai kopi atau makanan memang sudah sangat menjamur. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sesuatu yang unik untuk mampu menarik perhatian konsumen, serta menjadikan bisnis Anda berbeda dari yang lain. Buat apa memiliki rasa makanan atau minuman yang enak, namun tidak ada pelanggan yang datang? Jadi, pastikan Anda memiliki konsep yang unik untuk bisnis Anda nantinya.

3. Tentukan Target Pasar

Jika Anda memiliki sebuah kenalan yang cukup banyak, mulai dari teman sekolah, kuliah, teman kantor atau teman main, sahabat, dan juga keluarga besar, maka mereka bisa Anda andalkan untuk menjadi target pasar pertama Anda. Anda bisa ‘menjual’ produk Anda kepada mereka, agar nantinya mereka bisa merekomendasikannya kepada kenalan mereka yang lain. Perlu diingat, Anda sudah harus siap dengan apa yang Anda jual agar tidak mengecewakan orang-orang yang sudah membantu Anda untuk mempromosikan bisnis Anda.

4. Kualitas di Atas Kuantitas

Sumber : uptowork

Prinsip yang satu ini juga harus Anda tekankan matang-matang. Bisnis yang baik adalah yang lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas. Banyak orang yang salah kaprah dengan lebih mengutamakan jumlah penjualan dari pada kualitas barang yang mereka jual, semua hanya demi sebuah keuntungan yang besar. Tapi percayalah, sistem bisnis seperti ini tidak akan bertahan lama, cepat atau lambat bisnis Anda akan mati dan ditinggal oleh orang-orang. Jadi, pastikan untuk mengutamakan kualitas dari pada kuantitas.

5. Sesuaikan Modal

Mengakses modal
sumber: techinasia

Tentu, sebuah bisnis bisa dibangun dengan adanya modal. Oleh karena itu, sesuaikanlah modal Anda dengan jenis bisnis yang ingin Anda tekuni. Jangan paksakan kondisi keuangan Anda. Yang perlu Anda garis bawahi adalah hindari berutang, kecuali jika Anda memang punya pemasukan yang bisa membayar utang Anda tersebut, tentu tidak jadi masalah.

Itulah beberapa tips dari Job-Like yang mungkin bisa jadi acuan bagi Anda. Jika Anda sudah mantap ingin membangun bisnis, semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Salam sukses!

Beri komentar Anda tentang artikel ini