Tips Membantu Rekan Kerja Menjadi Lebih Kompeten dan Kooperatif

membantu rekan kerja

Menjadi team player tidak selalu mudah, apalagi jika Anda menginginkan sebuah tim yang solid dan kuat. Bukan hanya kemampuan teknis saja yang diperlukan, tapi setiap anggota tim perlu menyadari betapa penting membangun sebuah hubungan kerja yang baik. Termasuk membantu rekan kerja satu tim lebih kompeten dan kooperatif saat bekerja.

Beberapa kasus yang berkaitan dengan masalah tim kerja seringkali menunjukkan bagaimana anggota tim yang kurang kompeten dianggap beban oleh anggota lainnya. Padahal, membantu rekan kerja satu tim adalah tanggung jawab yang perlu dilakukan oleh semua anggota tim tersebut. Tim yang kuat akan terbentuk ketika semua anggota tim kerja Anda bekerja saling bahu-membahu. Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan demi menciptakan tim yang kuat dengan membantu rekan kerja lebih kompeten dan kooperatif.

Cara Mudah Membantu Rekan Kerja Menjadi Lebih Produktif

Progres Lebih Penting Dibandingkan Pujian

Sumber: recruitingtimes

Seringkali pujian digunakan sebagai metode untuk memotivasi setiap anggota tim agar bisa bekerja lebih maksimal. Meskipun sebuah pujian bisa memberikan dampak positif, namun kenyataannya itu tidak selalu berjalan dengan baik. Progres yang bergerak adalah salah satu motivasi terbesar bagi setiap karyawan, termasuk rekan kerja Anda. Sayangnya, progresnya tersebut tidak bergerak aktif sehingga menyulitkan rekan kerja Anda untuk berkontribusi pada pencapaian tim. Setelah memberikan feedback, ada baiknya Anda menunjukkan hasrat untuk terlibat dalam progres yang hendak dicapai. Anda memahami semua hal yang telah dicapai oleh rekan Anda, dan bagian mana yang masih dibutuhkan untuk menyempurnakan pekerjaan tersebut. Membantu rekan kerja Anda untuk tetap mendapatkan progres adalah salah satu hal yang bisa dilakukan demi menciptakan sebuah tim kerja yang kuat.

Baca Juga: Cara Ini Lebih Ampuh dari Sekedar Kata “Tenang” untuk Membantu Rekan Kerja yang Frustasi

Memahami Sistem Arus Kerja Tim

Sebuah tim bisa memberikan sebuah hasil yang maksimal jika setiap anggotanya bisa memberikan kontribusi secara tepat. Jika dalam tim hanya ada satu atau dua orang yang kuat, sedangkan yang lain kurang kompeten, artinya tim tersebut belum bisa disebut tim kuat. Di sinilah Anda harus paham jika arus kerja sebuah tim bisa ditingkatkan dan dilemahkan oleh setiap individu dalam tim tersebut. Artinya, jika ada rekan kerja satu tim masih tidak menguasai kompetensi mereka, maka tim Anda tidak bisa mencapai sebuah progres dengan baik. Mulailah berpikir untuk bekerja dengan saling memberikan keuntungan. Artinya saat rekan Anda kesusahan, maka berikan dukungan dan pertolongan. Begitu pun sebaliknya jika situasi tersebut terjadi pada Anda.

Memahami Kepribadian Setiap Individu dalam Tim

kepribadian berbeda
Sumber: getafternoonified

Tawaran pertolongan yang Anda berikan pada rekan kerja bisa diartikan dalam banyak hal. Beberapa orang lebih senang memikirkan segala kesulitan sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Namun, beberapa di antaranya akan senang menyambut bantuan Anda dan menerimanya. Ini artinya Anda perlu tahu lebih dulu mengenai kepribadian rekan kerja Anda dalam tim. Ketika Anda hendak membantu rekan kerja yang kesulitan, maka bantuan tersebut akan membantu meningkatkan progres kerja dalm tim.