Tertarik Memiliki Rumah Murah? Kamu Bisa Beli Rumah Lelang Lho

Rumah lelang disini bukan berarti rumah penyelenggara lelang ya. Melainkan, rumah yang dilelang karena debiturnya tidak menyanggupi pelunasannya, alias proses pembayaran cicilan kreditnya macet. Rumah seperti ini biasanya dijual dengan harga dibawah harga pasarannya.

Umumnya, rumah lelang ditawarkan oleh bank pemerintah. Karena, rumah-rumah lelang ini merupakan hasil kredit macet debitur bank yang bersangkutan. Namun, proses pelelangannya dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Bagi kamu yang ingin berhemat atau punya bujet terbatas, membeli rumah yang dilelang bisa dipertimbangkan. Asalkan, kamu tahu tata cara lelang dan informasi yang berkaitan dengan proses lelang tersebut. Buat kamu yang tertarik, beberapa hal ini perlu diperhatikan.

Untung Ruginya Membeli Rumah Lelang

Tentu saja, salah satu keuntungan membeli rumah lelang adalah harganya yang lebih murah. Rumah seperti ini juga umumnya berlokasi di kawasan yang sudah berkembang. Jadi nilai investasinya di masa depan cukup baik.

Tapi, membeli rumah lelang juga ada ruginya. Yaitu, jika kondisi fisik rumah tersebut tidak baik. Alias, membutuhkan biaya renovasi yang besar untuk layak ditinggali. Selain itu, jika rumah masih ditinggali pemiliknya yang lama, hal ini juga bisa mendatangkan masalah.

Baca Juga: Menabung DP Rumah Mudah Kok, Asal Kamu Tahu Caranya

Agar Menguntungkan, Lakukan Ini

Agar menguntungkan dan tidak mendatangkan masalah, ada baiknya kamu melakukan survei sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Datangilah lokasi rumah dan perhatikan kondisi fisiknya. Perhatikan apakah rumah masih ditinggali oleh pemilik lamanya.

Amati pula lingkungan yang berada di sekitarnya. Apakah rumah berada di lingkungan yang bebas banjir atau tidak. Selain itu, pastikan rumah dibangun oleh developer yang bereputasi baik.

Sebagai langkah awal kamu bisa melihat-lihat profil dan informasi rumah di beberapa situs ini:

  • Infolelangbri.co.id
  • Rumahmurahbtn.co.id
  • Lelangagunan.bni.co.id
  • Lelang.bankmandiri.co.id

Langkah-Langkah Membeli Rumah Lelang

Kalau kamu sudah melakukan survei, berikut ini langkah- langkah yang bisa dilakukan untuk membeli rumah yang dilelang.

Memeriksa Kelengkapan Dokumen

  • Ijin Mendirikan Bangunan (IMB);
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
  • Sertifikat rumah;
  • Sertifikat tanah;
  • Dokumen Perjanjian Kredit;
  • Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT);

Mendaftarkan Diri untuk Mengikuti Lelang

Selanjutnya, kamu harus mendaftarkan diri untuk menjadi peserta lelang. Pendaftaran dilakukan di penyelanggara lelang. Dalam hal ini yaitu Dirjen Kekayaan Negara. Kamu juga harus melengkapi beberapa persyaratan dokumen yang ditentukan. Selain itu, kamu harus menyetorkan biaya jaminan lelang yang besarnya 20 persen. Jika kamu kalah dalam proses lelang biaya lelang akan dikembalikan.

Sebaliknya, jika menang lelang, kamu akan diminta untuk melunasi harga rumah dalam waktu beberapa hari. Oleh karenanya, sebelumnya kamu harus mempersiapkan dana membeli rumah. Namun, kamu juga bisa membeli rumah tersebut secara kredit. Asalkan, pengajuan kreditmu disetujui oleh pihak bank yang melelang rumah tersebut.

Selain rumah lelang, kamu juga bisa mendapatkan rumah murah dengan cara membeli KPR second. Apa sih rumah KPR second itu? Rumah KPR second atau KPR rumah bekas merupakan rumah yang dijual oleh pemilik rumah yang tidak sanggup melanjutkan pembayaran cicilan kreditnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here