Yuk, Membuat Cheat Sheet untuk Interview agar Peluang Kerja Makin Besar!

Momen interview kerja memang sering menyebabkan grogi dan fokus hilang. Padahal, kamu harus menunjukkan profesionalitas semaksimal mungkin agar peluang diterima kerja semakin besar. Jadi, sebaiknya kamu menyiasati hal tersebut dengan membuat cheat sheet untuk interview.

Secara harfiah, cheat sheet untuk interview dapat diartikan sebagai “contekan” yang memuat beberapa informasi penting yang mesti disampaikan dalam sesi interview. Apa saja yang harus ada dalam cheat sheet? Inilah ulasan selengkapnya!

Alasan Melamar Pekerjaan

Hal pertama yang patut kamu tulis saat membuat cheat sheet untuk interview adalah alasan melamar kerja. Kamu harus menjabarkan alasan tersebut dalam dua atau tiga kalimat agar lebih mudah dibaca. Bila perlu, kamu juga bisa menyebutkan passion dan niat untuk menambah pengalaman di bidang pekerjaan yang dilamar.

Baca Juga: Terungkap! Cara Efektif Membangun Personal Branding Saat Interview Kerja

Keunikan yang Ada pada Dirimu

Cheat sheet untuk interview juga patut memuat informasi tentang keunikan pada dirimu. Misalnya, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu adalah orang yang gemar berkenalan dengan banyak orang, memiliki pengalaman kerja memadai, atau punya kemampuan persuasif yang baik.

Kombinasi kemampuan tersebut akan menjadi keunikan tersendiri yang dapat memikat tim rekruter dalam proses wawancara kerja.

Hal-Hal yang Ingin Ditanyakan Saat Wawancara

Agar kamu dipandang sebagai kandidat karyawan yang proaktif, jangan lupa menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan pada proses wawancara kerja. Kamu dapat menanyakan tentang budaya kerja perusahaan, rencana jangka panjang perusahaan secara umum, atau tahapan seleksi yang harus dilalui sebelum resmi diterima kerja.

Hindari pertanyaan yang sifatnya sensitif seperti besaran gaji, rahasia perusahaan, atau hal lain yang sifatnya menyerang tim rekruter. Sementara itu, info standar gaji perusahaan yang kamu ketahui dari hasil riset juga bisa dicantumkan sebagai bahan tambahan bila tim rekruter menanyakan ekspektasi gaji yang diinginkan.

Kontribusi yang akan Diberikan untuk Perusahaan

Tim rekrutmen juga ingin mengetahui sejauh mana kontribusi yang akan kamu berikan bila diterima kerja. Itulah sebabnya, kamu harus mencantumkan hal tersebut dalam cheat sheet untuk interview. Beberapa kontribusi yang bisa kamu berikan contohnya, kepatuhan terhadap seluruh aturan perusahaan, komitmen menjaga rahasia perusahaan dari kompetitor, serta perilaku kreatif dan inovatif saat ikut memajukan perusahaan.

Meskipun sudah membuat cheat sheet untuk interview, bukan berarti kamu bebas membacanya sewaktu menjalani wawancara kerja, ya. Bacalah cheat sheet tersebut sesaat sebelum wawancara supaya kamu lebih siap dan percaya diri. Persiapan yang matang pasti membuat proses wawancara kerja berlangsung lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here