Tips Membuat Presentasi Menarik agar Mudah Dipahami Semua Orang

Tidak semua karyawan mampu membuat presentasi menarik. Hingga sekarang masih saja banyak ditemukan beberapa presentasi yang hanya penuh dengan tulisan saat ditampilkan. Belum lagi cara penyampaiannya pun sering membosankan.

Padahal, presentasi merupakan media untuk manyampaikan ide atau gagasan secara lebih komunikatif dan menarik. Yuk, belajar membuat presentasi lebih menarik lewat cara-cara berikut ini!

Gunakan Aplikasi untuk Memperindah Desain

Salah satu tools yang digunakan untuk menyiapkan presentasi biasanya adalah Microsoft Power Point. Namun, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan aplikasi lain agar tampilan presentasimu lebih apik. Salah satunya adalah Canva.

Canva bisa menjadi solusi membuat presentasi menarik. Sudah banyak template presentasi tersedia di sana. Kamu tinggal memilih salah satu template dengan desain baik dan menyuntingnya sesuai kebutuhan presentasimu.

Perhatikan Font beserta Ukurannya yang Sesuai

Manfaatkan variasi font untuk membuat presentasi lebih menarik. Hindari penggunaan font yang sama untuk setiap bagian tulisan. Setidaknya, beri variasi font untuk sub judul presentasi agar secara visual lebih apik.

Perhatikan pula ukuran font yang kamu pakai. Jangan terlalu kecil agar tidak susah dibaca dan pastikan dari jarak jauh masih jelas. Sesuaikan tebal dan tipis font agar nyaman dibaca semua orang.

Minim Teks dan Buat Lebih Interaktif

Jangan sembarangan copy paste bahan presentasi ke slide yang kamu buat. Membuat presentasi sangat jauh berbeda dengan membuat makalah atau laporan. Pastikan presentasimu tidak terlalu banyak tulisan yang membingungkan.

Presentasi yang baik tidak banyak memuat info atau tulisan. Buatlah materi presentasimu lebih interaktif dengan melibatkan para penonton. Tugasmu bukan membaca isi presentasi, melainkan menyampaikan ide melalui pokok-pokok gagasan di presentasi.

Baca Juga: Native Advertising: Cara Jitu Menggaet Pelanggan Tanpa Bikin Kesal Netizen

Masukkan Gambar atau Chart dengan Ukuran Pas

Salah satu trik membuat presentasi menarik adalah dengan menambahkan visual pendukung. Misalnya, gambar atau chart untuk menguatkan isi presentasi. Ada baiknya sebuah penjelasan panjang mampu ditampilkan lebih sederhana melalui gambar, tabel, atau chart.

Pastikan juga ukuran yang dimasukkan ke dalam slide pas alias tidak kekecilan atau pun kebesaran. Penggunaan chart dan gambar memudahkanmu menyampaikan info ke penonton agar lebih mudah dipahami.

Tambahkan Animasi jika Diperlukan

Terakhir, tariklah minat penonton dengan menambahkan animasi. Usahakan animasi tersebut masih relevan dengan bahan yang kamu sampaikan. Informasi yang bergerak dengan adanya animasi lebih disukai daripada informasi monoton yang disampaikan lewat tulisan.

Tapi, ingat juga tidak semua materi presentasi akan relevan dengan animasi. Jangan sampai penonton justru teralihkan ke fokus animasi-animasi yang apik daripada isi presentasi.

Nah, semoga kamu makin mendapat inspirasi untuk membuat presentasi lebih menarik ya. Pastikan lakukan tips di atas agar presentasimu sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here