Tips Cermat Memilih Co-Working Space agar Anda Semakin Produktif

Sumber : Startup Explore

Apa itu co-working space? Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal co-working space. Sebenarnya co-working space bisa didefinisikan sebagai tempat virtual untuk aktivitas pekerjaan. Anda yang berprofesi sebagai freelancer atau pemilik startup tanpa lokasi bisnis bisa memanfaatkan co-working space untuk bekerja. Karena co-working space bisa disewa dengan sistem harian, bulanan, atau tahunan tergantung kebutuhan.

Memilih co-working space tentu tak boleh sembarangan. Ada banyak faktor yang mesti Anda pertimbangkan agar produktivitas kerja Anda semakin maksimal. Kalau belum pernah mencoba menggunakan co-working space, tak ada salahnya bila Anda mencermati beberapa hal ini terlebih dahulu.

Jika Anda Teliti Memilih Co-Working Space, Anda akan Menemukan Tempat Baru yang Nyaman untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Lokasi Co-Working Space yang Strategis

Sumber : Sassy Hongkong
Sumber : Sassy Hongkong

Co-working space yang baik pasti memiliki letak strategis, yaitu di pusat kota yang mudah dijangkau kendaraan umum maupun kendarana pribadi. Akses transportasi yang mudah ke co-working space juga tak akan membuat klien Anda bingung bila Anda mengatur pertemuan di tempat tersebut. Biasanya lokasi co-working space juga ditunjang oleh ketersediaan fasilitas umum lainnya seperti pusat perbelanjaan, restoran, SPBU, dan rumah sakit.

Jangan Lupa Bertanya Soal Harga

Pangkas Harga

Memilih co-working space tentunya juga tak boleh luput dari pertimbangan harga. Jangan sampai Anda terbebani dengan harga sewa co-working space yang mahal dan tak sebanding dengan pendapatan Anda. Kini banyak co-working space yang menawarkan paket hemat bagi startup maupun penggunan perorangan, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Penawaran tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih co-working space yang Anda inginkan.

Fasilitas Co-Working Space yang Lengkap

Sumber : Shutterstock
Sumber : Shutterstock

Fasilitas co-working space bukan hanya ruangan, meja, dan tempat duduk saja. Anda juga mesti mempertimbangkan fasilitas lainnya berupa jaringan internet, akses nomor telepon, dan ketersediaan air minum. Ada beberapa co-working space yang menyuguhkan minuman siap seduh bagi para penyewa yang punya kartu anggota. Fasilitas istimewa tersebut tentu akan menjadi pertimbangan bagi Anda saat memilih co-working space. Karena Anda tak akan kesulitan menjamu klien dan tamu lainnya saat berada di co-working space tersebut.

Bertanya kepada Orang yang Sudah Berpengalaman

Pertanyaan Umum

Kalau Anda punya kenalan yang sudah terbiasa menyewa co-working space, tak ada salahnya bila Anda bertanya terlebih dahulu. Tanyakan seputar rekomendasi tempat yang nyaman dan berkualitas agar Anda tak salah memilih co-working space. Referensi dari kenalan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan terbaik untuk mendukung suasana kerja Anda.

Kini bekerja memang tak identik dengan suasana kantor yang kaku dan membosankan. Anda yang mendirikan startup atau menjadi freelancer bisa memilih co-working space sesuai kebutuhan dan keinginan. Suasana kerja yang nyaman pun akan membuat Anda lebih bersemangat. Selamat bekerja!