Tips Memilih Jalur Karier bagi Para Fresh Graduate, Dijamin Anti Galau!

Memilih jalur karier mungkin cukup bikin galau bagi para fresh graduate. Tentu ada keinginan lekas mendapatkan pekerjaan selepas lulus. Di sisi lain, ada pula harapan ingin mengembangkan hal yang disukai daripada bekerja di bidang yang digeluti saat kuliah.

Bagaimana cara agar tidak salah memilih jalur karier sejak dini? Beberapa langkah ini mungkin bisa kamu lakukan sebagai fresh graduate. Simak dulu sebelum memutuskan melamar pekerjaan ya!

Mengenali Diri Sendiri

Banyak orang merasa salah memilih jalur karier karena kurang memahami dirinya sendiri. Pekerjaan apa pun dilamar, tanpa mempertimbangkan kemampuan diri. Maka, cobalah untuk belajar mengenal diri sendiri secara lebih dalam dulu.

Ajukan beberapa pertanyaan sederhana. Misalnya, suka kerja lapangan atau kantoran, nyaman bekerja di lingkungan seperti apa, ingin berkembang di bidang apa, dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu dapat memandumu memilih karier.

Buat Daftar Pekerjaan yang Diinginkan

Setelah cukup paham akan kemampuan dan keinginanmu, susunlah jenis-jenis pekerjaan yang mungkin kamu lamar. Jangan hanya terfokus pada satu pekerjaan, pikirkan kemungkinan pekerjaan lain juga. Daftar pekerjaan ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jalur karier.

Misalnya, kamu susun jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kuliah terlebih dahulu. Setelah itu, coba tulis pekerjaan yang mendukung hobimu. Buat rencana karier jika kamu ingin menjadikan hobi sebagai karier impian di masa mendatang.

Baca Juga: Begini Rahasia Menemukan Passion dalam Berkarier Sekarang

Lakukan Riset pada Tiap Pekerjaan

Cermati daftar pekerjaan yang sudah kamu buat tersebut. Mulailah melakukan riset pada tiap pekerjaan. Misalnya, cari tahu prospek kariernya seperti apa, kisaran gaji yang didapatkan, hingga risiko apa saja yang mungkin didapat.

Melakukan riset seperti ini memberikan gambaran sekaligus menyiapkan mentalmu sebelum bekerja. Hanya kamu yang bisa menilai kemampuan dan kesanggupan dirimu sendiri. Jadi, pastikan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Tetap Berpikir Logis, Bukan Hanya Menuruti Keinginan

Terakhir, memilih jalur karier sejak dini harus menggunakan akal sehat. Jangan mudah terbawa keinginan untuk mengikuti passion tanpa paham apa itu passion sebenarnya. Jika memang kamu harus bekerja di bidang yang sesuai dengan kuliah, ya lakukanlah hal tersebut.

Ingat, kamu juga masih punya waktu untuk mengembangkan hobi atau passion-mu. Memiliki pengalaman kerja menjadi modal paling besar untuk merintis kariermu sendiri kelak. Terlebih buat kamu yang ingin membuka usaha sendiri alias entrepreneur.

Usahakan tetap berpikir jernih dalam memilih jalur karier sejak awal. Buat rancangan karier hingga lima tahun ke depan agar kamu paham arah kariermu seperti apa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here