Tips Memilih Tempat Tinggal buat Anak Rantau Ibu Kota

apartemen

Memilih tempat tinggal menjadi salah satu faktor penting bagi seseorang yang merantau saat bekerja. Begitu banyak faktor yang harus dipertimbangkan, apalagi buat mereka yang kerja di ibu kota. Pilihan tempat tinggal pun beragam, mulai dari kos, kontrak rumah, apartemen, hingga hunian sendiri.

Berikut tips yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memilih tempat tinggal. Pikirkan juga kondisi keuangan dan kemapananmu sekarang ya!

Cermati Fleksibilitas

Bagi yang masih awal bekerja di ibu kota, mungkin kos menjadi pilihan utama. Dengan memilih tempat tinggal di kos, kamu setidaknya cukup menyiapkan dana relatif lebih murah daripada kontrak atau membeli rumah. Namun, fleksibilitasmu jelas agak terbatas karena rumah kos biasanya punya aturan tersendiri.

Lain juga kamu sudah cukup mapan dan berencana hidup lebih fleksibel. Opsi menyewa apartemen mungkin bisa jadi solusi terbaik. Kamu juga bisa putuskan hendak tinggal bersama teman atau sendiri, tergantung kemampuan finansialmu juga ya.

Hitung Biaya Keseluruhan

Sebelum memilih tempat tinggal selama merantau, perhitungkan pula biaya bulanan yang akan kamu keluarkan. Biaya ini bukan hanya harga sewa per bulannya saja, melainkan juga kebutuhan listrik, air, hingga transportasi. Jangan sampai kamu kaget dengan biaya yang besar saat sudah memilih menetap.

Dengan mengetahui gambaran biaya keseluruhan, kamu bisa mengestimasi pengeluaran rutin per bulannya. Apalagi sekarang ada beberapa rumah kos yang memisahkan antara biaya listrik dan air di luar harga sewa. Sesuaikan estimasimu dengan gaji bulanan yang kamu terima.

Baca Juga: Alasan Apa Saja yang Membuat Karyawan Pindah Tempat Kost?

Pertimbangkan Transportasi

Beberapa karyawan yang sudah mapan mulai berpikir mengambil rumah daripada terus-menerus sewa atau kos. Nah, lokasi rumah pun harus diperhatikan dengan seksama ya. Pikirkan juga efisiensi jarak rumah dengan tempat kerja, apalagi di ibu kota sering macet.

Kalau pakai kendaraan pribadi, hitung pula kebutuhan bensin dan biaya tol. Anak kos biasanya lebih suka mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor. Ingat, transportasi juga sangat memengaruhi mood kerja kamu saat berangkat ke kantor ya.

Mandiri Sendiri atau Bersama Orang Lain

Memilih tempat tinggal bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga kemandirian. Andai anggaranmu baru mampu untuk menyewa sebuah rumah bersama beberapa teman, ya bersabarlah dahulu. Kalau pun lebih nyaman sendiri, maka pilihlah untuk tinggal di kos meski dengan ruang lebih sempit.

Beberapa orang memang tidak nyaman jika ada orang lain dalam tempat tinggalnya. Mau tinggal mandiri atau bersama orang lain pun tidak ada yang salah kok. Asalkan sama-sama dewasa dan paham untuk hidup saling bertanggung jawab saja.

Semoga tips memilih tempat tinggal di atas berguna buat kamu yang merantau ke ibu kota. Jangan prioritaskan masalah harga semata, tetapi utamakan kenyamanan juga ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here