Cara Memiliki Growth Mindset biar Karier Makin Berkembang

Memiliki growth mindset menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan karier. Tanpa adanya growth mindset, karier seseorang bisa tersendat di satu titik yang itu-itu saja. Bayangkan, apa jadinya jika di usia 40-an karier terasa sangat membosankan dan sama sekali tidak ada perkembangan?

Teknologi makin berkembang, sistem kerja makin canggih, dan berbagai perubahan datang silih berganti. Mendapatkan promosi di tiap jenjang karier adalah tanda kinerja seseorang makin membaik. Namun, kenaikan jenjang karier yang signifikan sangat mustahil didapatkan andai seseorang tidak memiliki growth mindset.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki pola pikir yang senantiasa maju di tengah dunia yang kian modern? Berikut beberapa langkahnya!

Jangan Mudah Puas, Lekas Adaptasi dengan Teknologi

Hambatan terbesar dalam memiliki growth mindset adalah perasaan mudah puas. Memang tidak ada yang salah dengan mengapresiasi setiap hasil kerja kita dari tahun ke tahun. Namun, coba telisik kembali, sudah kita benar-benar berkembang atau hanya sekadar menjalankan rutinitas harian kantor?

Pandemi mengajarkan kita bahwa perubahan pasti akan selalu ada dan sudah sewajarnya kita lekas beradaptasi. Jangan hanya membanggakan kemampuan diri dalam pekerjaan, tapi lirik juga perkembangan teknologi. Di tahun-tahun yang akan datang, teknologi akan makin mempermudah semua pekerjaan manusia sehingga kita perlu menyiapkan diri dari sekarang.

Pencapaian Masa Lalu Tidak Perlu Terus Dibanggakan

Beberapa orang merasa gagal berkarier di usia 40-an karena merasa tidak berkembang alias di situ-situ saja. Hal ini sering kali disebabkan karena orang-orang tadi tidak memiliki growth mindset selama bekerja. Kebanyakan dari mereka lebih suka bernostalgia pada pencapaian masa lalu yang terus dibanggakan.

Membawa-bawa keberhasilan masa lalu ternyata tidak melulu berdampak baik. Biarlah kebaikan-kebaikan yang lalu cukup menjadi pelecut semangat dalam berkarier. Orang muda akan terus-menerus hadir dengan kecakapan makin tinggi dan tugas kitalah menyeimbangi kemampuan mereka.

Baca Juga: Whops! 5 Kesalahan Karier di Usia 20-an dan Cara Menghindarinya

Mau Belajar Hal Baru Meski dengan Orang Lebih Muda

Terakhir, orang yang memiliki growth mindset tidak akan pernah ragu belajar hal baru. Bahkan, jika mengharuskannya belajar dari orang lebih muda, tetap akan dia lakukan. Pasalnya, bertambahnya usia bukanlah alasan untuk berhenti belajar.

Seseorang yang terus belajar tanpa memandang usia akan mampu beradaptasi dengan perubahan lebih cepat. Jadi, peluang perkembangan kariernya pun akan terus ada meskipun sudah di usia 40-an. Kuncinya hanya satu: tidak malu belajar dengan orang muda.

Percayalah, kita akan tetap bisa memiliki karier menyenangkan dan jauh dari kata membosankan di usia 40-an. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah memiliki growth mindset dari waktu ke waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here