Mau Punya Kulit Wajah Glowing? Nggak Susah Kok Menurut Dermatologis

Memiliki kulit wajah glowing dan tampak cemerlang sudah pasti menjadi impian banyak ornag. Tetapi, kalau kamu punya kondisi kulit kering yang parah, atau pori-pori berminyak, perlu usaha ekstra untuk mewujudkannya.

Menurut Dr. Tina Funt dari Schweiger Dermatology Group di New York, Amerika Serikat, wajah glowing ditandai dengan pori-pori kecil, rona warna kulit yang merata dan bersih tanpa noda. Mau punya wajah glowing? Berikut usaha yang bisa kamu lakukan.

Memiliki Kulit Wajah Glowing dengan Tetap Terhidrasi

Menurut Dr. Funt, hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memiliki kulit wajah glowing adalah tetap terhidrasi. Minum air yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan cairan ini pun dapat melakukan hal-hal hebat untuk organ tubuh terbesar, yaitu kulit.

Jadi, selain mengaplikasikan skin care yang membantu dari luar, jagalah kulit dari dalam dengan asupan yang benar.

Ketahui Kulit Kamu

Apakah kamu punya jenis kulit berminyak, kulit kering, atau kulit kombinasi? Untuk mengetahuinya, periksalah kulit kamu untuk melihat melihat ukuran pori dan bagian-bagian kulit yang kering atau berminat. Menurut Dr. Funt, pori yang lebih besar menjadi tanda kulit berminyak dan perlu astringent dan retinoid untuk menyeimbangkan produksi minyak.

Produk seperti astringent, retinoid dan benzoyl peroxide dapat menurunkan sebum atau minyak. Kondisi kulit berminyak juga disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan sebum berlebihan dan pori-pori yang besar. Jika kamu punya kondisi kulit kering, pecah-pecah dan terkelupas saat cuaca panas, kamu perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan bila ingin memiliki kulit wajah yang glowing.

Kulit kering atau kusam juga bisa disebabkan oleh kurangnya kelembapan karena terlalu sering menggunakan produk kosmetik yang membuat kulit menjadi semakin kering, seperti retinoid atau bonzoyl peroxide. Atau juga dipengaruhi oleh perubahan dalam tingkat estrogen karena menopause atau tempat kerja dengan kondisi lingkungan kering dan udara AC berlebihan, atau kurangnya kelembapan.

Untuk bisa memiliki kulit wajah glowing, kamu disarankan memakai produk yang mengandung glycolic acid dan kompleks yang berbasis buah-buahan karena produk seperti ini bisa mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar UV dan membersikan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Perawatan Microcurrent Facial: Cara Baru Mendapatkan Wajah Cerah Bercahaya

Jangan Lupa Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Salah satu cara efektif untuk dapat memiliki kulit wajah glowing adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur karena jenis makanan ini dapat meningkatkan kelembapan. Tidak hanya itu, kamu juga direkomendasikan menggunakan green tea dan ekstrak chamomile untuk melembutkan kulit. Sedangkan untuk mengecilkan pori wajah, kamu bisa menggunakan witch hazel.

Cobalah Retinoid Topikal & Ceramides

Retinoid dan  produk vitamin A dapat meningkatkan pergantian seluler sehingga minyak yang lebih muda dapat menggantikan sel kulit yang lebih tua. Jenis bahan ini juga dapat membuat sel-sel gemuk yang lebih muda dapat menyerap kelembapan dan mengurangi pigmentasi atau bintik noda berwarna coklat.

Sementara itu, ceramides adalah salah satu lipid yang terbentuk secara alami dalam penghalang lipid dari membran sel. Ini adalah komponen penting dari hidrasi dan penghalang kulit. Jenis bahan ini juga sering ditempatkan dalam formulasi untuk tidak menyumbat pori.

Kamu bisa memiliki kulit wajah glowing dengan mengaplikasikan produk kosmetik yang diperkaya dengan ceramides untuk merangsang regenerasi kulit sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here