Tips Memulai Bisnis Meski Tidak Punya Pengalaman Berbisnis

Meski bisa mendatangkan banyak uang, berbisnis penuh dengan risiko. Selain itu, berbisnis juga mendatangkan banyak tantangan. Bagi yang tidak memiliki pengalaman berbisnis, risiko dan tantangan yang dihadapi akan semakin besar.

Risiko berbisnis bisa berupa kerugian modal atau kehilangan biaya akibat salah perhitungan. Selain itu, situasi bisnis atau situasi ekonomi yang tidak menentu juga bisa membawa bisnis pada kehancuran.

Oleh karenanya, untuk memulai bisnis diperlukan pengalaman berbisnis yang cukup. Dengan pengalaman yang dimiliki, seorang pebisnis mampu menghadapi risiko dan tantangan yang ada dengan lebih baik.

Tapi, apakah pengalaman berbisnis mutlak diperlukan untuk memulai bisnis?

Pada dasarnya siapapun boleh saja memulai bisnis tanpa memiliki pengalaman berbisnis. Pasti kamu sudah sering mendengar banyak pengusaha sukses memulai bisnisnya dari nol. Bukan hanya dari sisi modal saja, tapi juga dari sisi pengalaman bisnis yang dimilikinya.

Nah, jika saat ini kamu ingin memulai bisnis tapi tidak memiliki pengalaman bisnis, beberapa tips ini mungkin bisa membantumu.

Memulai Bisnis dari Pengalaman Kerja

Risiko bisnis akan semakin besar jika kamu membangun bisnis yang tidak dipahami. Semisal, kamu tidak memiliki pengalaman bisnis di bidang kuliner tapi ingin berbisnis kuliner. Oleh karenanya, ada baiknya kamu memulai bisnis dari sesuatu yang dipahami.

Pemahaman ini bisa kamu dapatkan dari pengalaman kerja. Semisal, kamu pernah bekerja di pabrik furnitur. Nah, kamu bisa memulai membangun bisnis yang relevan dengan pengalaman kerjamu itu. Semisal, bisnis pengerjaan furnitur atau desain interior. Jika pernah bekerja sebagai karyawan HRD, kamu bisa memulai bisnis jasa outsourcing.

Tidak punya pengalaman kerja? Jangan khawatir. Kamu bisa memulai bisnis dari hobi atau kegemaranmu. Semisal jika hobi mengutak-atik mesin motor, kamu bisa memulai bisnis bengkel motor.

Baca Juga: Makanan Beku, Alternatif Bisnis di Masa Pandemi Corona

Lakukan Riset Meski Tidak Punya Pengalaman Berbisnis

Riset sangat penting artinya bagi kesuksesan berbisnis. Baik riset sederhana maupun menyeluruh. Karenanya, sebelum memulai bisnis kamu harus melakukan riset. Semisal, jika ingin membuka bengkel motor tua, ada baiknya kamu mencari tahu seberapa banyak pemilik motor tua yang menjadi target pasarmu.

Riset juga penting untuk mengetahui pesaing yang dihadapi dan peluang apa yang bisa diambil untuk pengembangan bisnis. Selain itu, pemahaman mengenai industri dimana bisnismu berkecimpung juga bisa didapatkan melalui riset.

Memiliki Mentor

Seperti juga ilmu dan pengetahuan, pengalaman bisa kamu dapatkan dari siapa saja. Termasuk dari pebisnis yang sudah sukses mengembangkan bisnisnya. Oleh karenanya, saat mulai membangun bisnis, ada baiknya kamu didampingi oleh seorang mentor.

Dengan adanya mentor atau pebisnis yang sudah sukses kamu bisa mendapatkan jawaban atas banyak hal yang belum dipahami. Kamu juga bisa mendapatkan strategi dan peluang-peluang bisnis. Yang terpenting, kamu bisa mengetahui cara mengurangi resiko serta menghadapi tantangan atau masalah yang ada.

Untuk berbagai tujuan di atas, kamu juga bisa mengembangkan network dan bergabung di komunitas-komunitas bisnis.

Membuat Rencana Bisnis yang Realistis

Sebelum memulai bisnis hendaknya kamu membuat rencana bisnis. Sehingga kamu tidak kehilangan arah dalam mencapai tujuan. Rencana bisnis juga diperlukan agar setiap aktivitas yang dilakukan bisa efektif dan efisien.

Namun, buatlah rencana bisnis dengan realistis. Dalam hal ini tujuan yang ditetapkan hendaknya tidak terlalu sulit untuk dicapai. Demikian juga dalam hal pelaksanaan aktivitas bisnis. Hendaknya tidak memaksakan penggunaan sumber daya di luar batas kemampuan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, diharapkan kamu bisa memulai bisnis meski tidak punya pengalaman berbisnis yang cukup. Lebih dari itu, kamu bisa mengembangkan bisnis hingga tujuanmu tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here